Gejala Kanker Kulit yang Harus Anda Ketahui

Selasa, 26 Juli 2016 – 02:53 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Kanker kulit adalah sejenis kanker yang lebih sering menyerang orang dengan pigmen kulit putih. Namun hal ini tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit kanker kulit tidak akan menyerang orang dengan kulit gelap. Sebab kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh bahaya sinar UV yang memapar kulit.

Orang berkulit putih cenderung lebih berisiko karena mereka memiliki pigmen pelindung dari sinar UV yang jauh lebih sedikit ketimbang orang berkulit hitam.

BACA JUGA: Ketahuilah, Tujuh Efek jika Anda Ogah Bercinta

Dengan terjadinya cuaca ekstrem dan gejala pemanasan global, sangat penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri kanker kulit agar bisa melakukan upaya pencegahan dan terhindar dari penyakit mematikan ini atau bahkan untuk melakukan pengobatan dini, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (24/7).

1. Aturan ABCDE

BACA JUGA: Virgo : Jangan Ragu! Zodiak Lain? Silahkan Cek

Aturan ABCDE sangat penting dalam kanker kulit.

-A adalah untuk asimetri: Satu setengah dari mole / tanda lahir tidak sesuai dengan lainnya.

BACA JUGA: Baca Nih, Tips Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

-B adalah untuk perbatasan/border: Tepian tidak teratur, compang-camping, berlekuk atau kabur.

-C adalah untuk warna/color: Warna mole / tanda lahir bisa mencakup berbagai nuansa warna atau bercak merah muda, merah, putih atau biru.

D adalah diameter: Tempat ini lebih besar dari ¼ inci, meskipun melanoma mungkin lebih kecil.

-E adalah untuk berkembang/evolving: Mole/tahi lalat berubah, baik dalam bentuk ukuran atau warna.

2. Sakit yang tidak biasanya

Apakah Anda memiliki lesi yang tidak akan sembuh? Jika Anda memiliki lesi yang tidak sembuh setelah berminggu-minggu, kunjungi dokter Anda. Selain itu, koreng yang berisi cairan, berdarah, bersisik atau tumbuh benjolan perlu diperiksa.

3. Gatal, nyeri, mati rasa atau kesemutan

Kanker kulit bisa memengaruhi saraf yang menyebabkan gejala-gejala tersebut. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut di satu daerah terbatas tetapi tidak memiliki kelainan kulit, hubungi dokter Anda.

4. Lihat di lokasi yang abnormal

Bagi mereka dengan warna kulit lebih gelap, kanker kulit bisa terbentuk pada telapak tangan dan telapak kaki Anda. Meskipun lokasi ini jarang terjadi, sangat mungkin bagi mereka untuk terjadi. Pastikan untuk memeriksa setiap bagian tubuh Anda untuk perubahan kulit yang abnormal.

Anda bahkan bisa mengembangkan kanker kulit pada lokasi yang tidak terkena sinar matahari, seperti alat kelamin, ketiak, kulit kepala, dan antara jari kaki dan kuku.

5. Memar gelap

Jika Anda memiliki memar gelap, termasuk di bawah kuku atau kuku kaki, ini bisa menjadi tanda melanoma.

6. Nyeri

Jika Anda mengalami rasa sakit pada kulit Anda dan disertai dengan lesi yang tidak diketahui, memar atau sakit yang tidak kunjung hilang , periksa dengan dokter Anda untuk melihat apakah Anda berisiko terkena kanker kulit.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Makanan Ini, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Secara Cepat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler