Gelar Jalan Tolak Golput Libatkan Ratusan Ribu Massa

Selasa, 25 Februari 2014 – 20:48 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di seluruh Indonesia secara serentak akan menggelar 'Jalan Sehat Menyongsong Pemilu 2014' pada 9 Maret 2014 mendatang.

Kegiatan ini bertujuan sebagai bagian dari sosialisasi untuk menggugah kepedulian masyarakat menggunakan hak pilih pada pemungutan suara anggota legislatif 9 April 2014.

BACA JUGA: Paripurna DPR Tolak Gagasan Interpelasi Outsourcing BUMN

“Partisipasi pemilih sudah kita targetkan 75 persen. Karena itu harus ada upaya maksimal untuk memastikan pemilih mengetahui hari dan tanggal pemungutan suara. Jalan sehat ini merupakan gerakan untuk membumikan pelaksanaan Pemilu 2014 di seluruh pelosok negeri,” ujar Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Jakarta, Selasa (25/2).

Untuk mendukung kegiatan tersebut, KPU Pusat kata Ferry, telah mengeluarkan surat edaran ke seluruh KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yang ada. Untuk kegiatan jalan sehat di tingkat pusat, katanya, akan melibatkan peserta hingga mencapai 10 ribu orang. Sementara untuk tingkat provinsi 5.000 orang dan Kabupaten/Kota 1.500 orang.

BACA JUGA: Desak Usut Dugaan Pelanggaran Kampanye Caleg Gerindra

Untuk tingkat pusat, acara kata Ferry, akan digelar di Silang Monas dengan rute sepanjang lima kilometer mulai dari Jalan Medan Merdeka, Jalan MH Thamri, Bundaran Hotel Indonesia sampai garis finish di Monas.

“Jadi total peserta kegiatan jalan sehat dan gerakan tolak Golput ini sebanyak 920.500 orang. KPU juga menggandeng sejumlah yayasan, komunitas, organisasi dan sejumlah radio di Jakarta untuk menyukseskan acara tersebut. Antara lain Yayasan Jantung Indonesia, Yayasan Kanker Indonesia, Gerakan Pramuka dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia serta berbagai organisasi kemasyarakatan lain,” katanya.

BACA JUGA: Upah Insinyur Indonesia Setara dengan Asing

Penyelenggaraan jalan sehat menurut Ferry, juga mengundang partai politik peserta Pemilu. Langkah ini dinilai penting, karena menurut Ferry, sukses tidaknya penyelenggaraan Pemilu, tidak hanya ditentukan kinerja penyelenggara Pemilu, tapi semua komponen bangsa memiliki tanggung jawab serupa.

“Kami mengajak semua elemen bangsa untuk menyukseskan pemilu dengan cara datang ke TPS pada tanggal 9 April 2014. Gunakan hak pilih Anda dengan benar,” ujarnya.

Selain gerakan jalan sehat, pada tanggal 15 Maret, KPU akan menggelar Kirab Kampanye Damai dan Deklarasi Kampanye Damai 2014. Pembacaan deklarasi kampanye damai Pemilu 2014 oleh Ketua KPU RI. Sementara penandatanganan prasasti kampanye damai Pemilu 2014 oleh Ketua Umum 15 Partai Politik Peserta Pemilu 2014.

Kegiatan jalan sehat dan kirab Pemilu akan dimeriahkan sejumlah artis untuk menghibur peserta. KPU ingin menyampaikan pesan kepada publik bahwa Pemilu bukan sesuatu yang menakutkan. Ibarat pesta, Pemilu harus mampu menghadirkan suasana bahagia, aman, dan nyaman bagi semua komponen yang terlibat di dalamnya.(gir/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dibahas 10 Tahun, RUU Keinsinyuran Disahkan jadi UU


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler