Gelar Kajian Kesehatan saat Ramadan, AQUA Gandeng DKM Masjid Agung Sunda Kelapa

Sabtu, 23 Maret 2024 – 10:14 WIB
Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Sunda Kelapa didukung AQUA meggelar kajian tentang menjaga kesehatan di bulan puasa. Foto: dok AQUA

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Sunda Kelapa didukung AQUA meggelar kajian tentang menjaga kesehatan di bulan puasa yang dilihat dari perspektif Islam pada Kamis (21/3).

Mengisi Ramadan 1445H, kegiatan itu menghadirkan pembicara Ust. H. M. Yusuf Syah, Lc. SE. MA. dan Hydration Science Consultant AQUA dokter Tria Rosemiarti.

BACA JUGA: Safari Ramadan Bersama PBNU, Aqua Salurkan Donasi Tahap Kedua untuk Palestina

Ustad Yusuf Syah mengungkapkan cara menjaga kesehatan ala Rasulullah SAW, terutama memanfaatkan momentum puasa Ramadan.

“Rasulullah setiap berpuasa menganjurkan, bila tidak bisa menemukan buah kurma, maka berbukalah dengan air putih. Sunah-sunah juga mengajarkan seperti ini,” jelas Ustad Yusuf Syah.

BACA JUGA: DKM Ukhuwah Islamiah UI & Aqua Gelar Doa Bersama untuk Palestina

Menurut Ustad Yusuf Syah, edukasi mengenai kesehatan adalah salah satu topik yang penting untuk terus disampaikan saat Ramadan.

“Membahas tema kesehatan di bulan puasa ini mengajarkan kepada jemaah bahwa hidup sehat itu penting. Terutama dengan banyak mengkonsumsi air putih, karena manfaatnya banyak dan juga tentu bisa membersihkan pencernaan,” ujarnya.

Hydration Science Consultant AQUA dokter Tria Rosemiarti turut menjelaskan pada Ramadan asupan cairan tubuh tetap haris dipenuhi. Hal ini guna mencegah dehidrasi berlebihan saat puasa.

"Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan pola 2-4-2, yaitu dua gelas saat sahur, empat gelas saat malam hari, serta dua gelas sebelum tidur,” ujar dokter Tria.

Selain memperhatikan kebutuhan hidrasi tubuh, dokter Tria juga mengingatkan untuk memastikan kecukupan nutrisi selama bulan puasa.

"Untuk makanan, kita bisa mengikuti aturan isi piringku, di mana sudah ada ukuran untuk karbohidrat, protein, buah dan sayuran untuk mendapatkan gizi seimbang. Tetapi memang ada kondisi-kondisi dimana kita membutuhkan tambahan vitamin seperti badan sedang kurang fit karena batuk dan flu, atau cuaca panas seperti saat ini,” jelas dokter Tria.

Selain pembahasan interatif mengenai tips menjaga kesehatan di bulan puasa, dalam kesempatan itu juga dilangsungkan doa bersama untuk Palestina yang dipimpin langsung oleh Ustad Yusuf Syah.

Ratusan jemaah yang hadir ikut serta memanjatkan doa untuk saudara muslim di Palestina agar dapat menjalankan ibadah Ramadan dengan khusyu.(mcr10/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Aqua   Masjid   kesehatan   Ramadan   Palestina   Puasa  

Terpopuler