Gelar Rakernas, Habib Ali Hasan: NU Care-LAZISNU Menghimpun Dana Rp 2,342 Triliun

Minggu, 08 September 2024 – 20:30 WIB
Ketua LAZISNU PBNU Habib Ali Hasan Al Bahar. Foto: Dok. LAZISNU PBNU

jpnn.com, JAKARTA - NU Care-LAZISNU menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta, Jumat-Sabtu, 6-7 September 2024.

Rakernas tahun ini mengangkat tema "Unlocking the Potential of Amil Zakat in the Digital Era" (Membuka Potensi Amil Zakat di Era Digital).

BACA JUGA: NU Care-LAZISNU Kirimkan Daging Kurban untuk Warga Penyintas Bencana di Indonesia dan Pengungsi Palestina

Ketua LAZISNU PBNU Habib Ali Hasan Al Bahar mengharapkan LAZISNU dapat mengoptimalkan potensi para amil di era saat ini secara koheren dari hulu ke hilir.

Menurut Habib Ali Hasan Al Bahar, sepanjang tahun 2023 NU Care-LAZISNU menghimpun dana senilai Rp 2,342 triliun dan berhasil mendistribusikan bantuan sebesar Rp 2,327 triliun.

BACA JUGA: NU Care-LAZISNU dan Bank BCA Jalin Kerja Sama Layanan Pembayaran Zakat dan Donasi

Oleh karena itu, LAZISNU juga mendapatkan penghargaan sebagai LAZ Nasional dengan Pengumpulan Terbaik dalam Baznas Award 2023.

“Keberhasilan ini tentunya tak lepas dari dukungan seluruh elemen masyarakat, amil, nahdliyin, dan para mitra NU Care-LAZISNU,” kata Habib Ali.

BACA JUGA: NU Care-LAZISNU dan Prudential Syariah Fasilitasi Pelatihan Siaga Bencana Bagi Relawan NU Peduli

Tahun 2024 ini, Indonesia kembali dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia dengan masyarakat yang memiliki budaya berbagi yang kuat.

“LAZISNU, sebagai salah satu lembaga filantropi Islam, berkomitmen untuk menjadi lembaga yang amanah dan profesional, serta terus memperluas jangkauan manfaat ZIS,” ujarnya.

Habib Ali menambahkan, Rakernas ini menjadi momentum penting untuk mengoptimalkan fungsi ZIS sebagai solusi pengentasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi, serta penanganan masalah sosial dan kemanusiaan.

“Dengan pengelolaan yang baik, ZIS dapat menjadi instrumen kuat dalam memperbaiki kesejahteraan umat,” tegasnya.

Rakernas dihadiri oleh perwakilan cabang dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa cabang dari luar negeri.

“Ini menjadi bukti bahwa jaringan LAZISNU terus tumbuh dan berkembang secara global, sehingga kita perlu terus menguatkan tata kelola yang baik bagi lembaga, agar dapat memanfaatkan potensi secara maksimal dan menyeluruh,” pungkasnya.

5 Program NU Care-LAZISNU

Dalam tayangan video yang diputar saat pembukaan Rakernas disampaikan tentang program-program NU Care-LAZISNU mengacu pada 5 pilar, yaitu NU Care Cerdas, NU Care Berdaya, NU Care Sehat, NU Care Damai, NU Care Damai.

NU Care Cerdas berfokus pada bidang pendidikan sebagi fondasi utama untuk membangun generasi masa depan yang tangguh. Direalisasikan di antaranya melalui program penyaluran Inkubasi Beasiswa, Beasiswa Santri dan Guru Nusantara, Bantuan Sarana Pendidikan, Renovasi Sekolah dan Pesantren.

NU Care Berdaya sebagai komitmen meningkatkan kemandirian ekonomi umat diwujudkan antara lain dengan program Bina Ternak Nusantara, Bantuan Gerobak Usaha, Bantuan UMKM, Pelatihan Literasi Keuangan Syariah, Bantuan Modal usaha, Program KUA Pembedayaan Umat.

Pada pilar NU Care Sehat yakni program untuk memastikan setiap orang berhak mendapatkan layanan kesehatan layak diwujudkan dengan Layanan Kesehatan Gratis, Layanan Ambulans Gratis, Bantuan Biaya Operasional Klinik, Layanan Donor Darah dan Nutrition Kits, Khitan Massal Gratis, Bantuan Pengobatan.

Berikutnya, NU Care Damai dengan visi menyebarkan kasih sayang diwujudkan melalui Santunan Yatim/Duafa dan Takmir Masjid, Jumat Berbagi, Bantuan Makanan untuk Panti asuhan, Bedah Rumah, Renovasi Masjid, Santunan Marbot Masjid, Bantuan Perlengkapan Ibadah, Bantuan Sembako, Mudik Gratis, Nusantara Berqurban, Pengiriman Dai ke Luar Negeri, Bantuan Al-Quran Braille, Pelatihan Siap Siaga Bencana, Bantuan Armada Perahu Rescue, Bantuan NU Peduli Penanganan Bencana Alam.

Adapun NU Care Hijau sebagai upaya untuk turut menjaga bumi agar tetap lestari, diwujudkan dengan Training of Trainer Penggerak Pesantren Hijau, Bantuan Sarana Prasarana dan Peralatan Program Pesantren Hijau, Program Jamban Bagus, Program Penanaman Pohon.

Di samping itu, NU Care-LAZISNU juga aktif dalam program NU Peduli Palestina terwujud dalam Bantuan Daging Kurban, bantuan tenda matras dan selimut musim dingin, penyaluran air bersih dan instalasi air bersih, penyaluran makanan hangat.

Selain itu, penyaluran paket makanan keluarga, penyaluran hygiene kit, penyaluran paket nutrisi anak, paket bantuan penjaga Masjid Al-Aqsa, pengadaan ambulans, penyaluran paket berbuka puasa, psikososial, penyaluran baju baru anak, penyaluran bantuan sayuran, dan penyaluran bantuan logistic.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
NU CARE-LAZISNU   NU   Rakernas   Dana  

Terpopuler