Gelar Rapim Perdana, Menteri Siti Ajak Wamen dan Jajaran KLHK Mulai Berlari Kencang

Sabtu, 26 Oktober 2019 – 02:55 WIB
Menteri Siti Nurbaya dan Wakil Menteri KLHK Alue Dohong mendapat sambutan baik dari seluruh jajaran KLHK, Jumat (25/10). Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan jajarannya menyambut kedatangan Alue Dohong selaku Wakil Menteri LHK di Kantor KLHK, Manggala Wanabhakti, Jakarta, Jumat (25/10).

Alue Dohong usai dilantik Presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri di Istana Negara, Jumat (25/10) langsung menuju ke Kantor KLHK.

BACA JUGA: KLHK Ajak Siswa SMP Peduli Pelestarian Ekosistem Pesisir

Pada kesempatan pertemuan pertama ini, Menteri Siti menyambut Wamen Alue dengan menggelar Rapat Pimpinan Perdana. Agendanya adalah perkenalan para pejabat esleon I.

Siti Nurbaya menegaskan KLHK punya peran penting dan patriotis yaitu melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.

“Saya sudah menjelaskan hal-hal yang prinsip bagaimana fungsi kementerian ini untuk melindungi segenap benda dan tumpah darah Indonesia kepada Pak Wamen. Dari pertemuan sebelum rapim tadi kami menyamakan kesepahaman tentang hal-hal prinsip peran KLHK dan mandat menjaga kedaulatan negara pada konteks sumberdaya alam,” kata Menteri Siti.

Menteri Siti menambahkan jika dirinya dan jajaran KLHK cukup gembira dengan kehadiran Wakil Menteri yang telah dilantik oleh Presiden RI bersama dengan sebelas Wamen lainnya.

Dirinya pun menjelaskan jika mulai minggu depan KLHK sudah akan langsung berlari kencang dalam menjalankan operasional kerja lapangan sebagai implementasi program-program prioritas nasional.

“Minggu depan kita harus sudah lari kencang dengan konsep yang sudah rapi. Hari Selasa sore besok kita akan bahas dengan Dirjen terkait terutama permasalahan tentang percepatan penyelesaian hutan adat termasuk terobosan regulasinya, dan lain-lain. Demikian seterusnya dalam sepekan akan ditegaskan langkah rinci sampai jadwal penyelesaian lapangan.

Dia juga menekankan segera merapikan regulasi-regulasi yang ada di KLHK memenuhi arahan Presiden Jokowi bahwa dalam satu bulan ini sudah ditentukan regulasi apa saja yang harus dirubah atau dirapikan.

Sambutan Sangat Baik

Sementara itu, Wamen Alue berterima kasih atas penyambutan yang baik dari Menteri Siti dan jajaran di KLHK. Dirinya mengaku masih terkejut ditunjuk oleh Presiden untuk menjadi Wamen KLHK, namun dirinya siap melaksanakan tugas tersebut demi bangsa dan negara.

Menurut Alue, Presiden berpesan kepadanya harus fokus pada rehabilitasi hutan dan lahan. “Jadi daerah-daerah seperti danau, daerah yang gundul kita prioritaskan untuk direhabilitasi, membangun kebun bibit di daerah-daerah sebagai penunjang upaya kita. Kemudian juga menyangkut pemindahan Ibu Kota Negara, beliau minta bantuan kita pertama soal konsep desain kota berkelanjutan atau green city dan smart city serta juga pendekatan sosialnya, karena beliau tahu saya berasal dari suku Dayak,” jelas Wamen Alue.

Penyambutan Wamen KLHK ini dihadiri oleh Para Dirjen dan Kepala Badan, Staf Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri serta Kepala Biro Humas. Pada kesempatan rapim juga sudah ada penugasan kepada Wamen untik bersama Kepala Balitbang Inovasi untuk ministerial meeting RoK-ASEAN on forestru serta AFOCO di Seoul mulai hari Senin malam. Selamat bertugas Wamen LHK.

Wamen Alue dilantik Presiden sebagai salah satu dari 12 wamen di 11 Kementerian yaitu Wamenlu Mahendra Siregar, Wamenhan Wahyu Sakti Trenggoni, Wamenag Zainul Tauhid, Wamenkeu Suahasil Nazara, Wamendag Jerry Sambuaga, Wamen PUPR Wempi Wetipo, Wamen LHK Alue Dohong, Wamendesa Budi Arie Setiadi, Wamen ATR Surya Chandra, Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin, Wamen BUMN Kartiko Wiryoatmojo, dan Wamenpar Angela Tanoesoedibjo.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler