Gelar RUPST, PT Ingria Angkat Ridwan Kamil sebagai Komisaris Independen

Jumat, 14 Juni 2024 – 18:25 WIB
RUPST PT Ingria Pratama Capitalindo Tbk (GRIA). Foto: dok Ingria

jpnn.com, JAKARTA - PT Ingria Pratama Capitalindo Tbk (GRIA) resmi mengangkat Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D sebagai komisaris independen perseroan.

Pengangkatan Ridwan Kamil disetujui oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 Ingria yang berlangsung Kamis (13/6) di Kadena Glamping Dive Resort, Anyer, Banten.

BACA JUGA: Ribuan Orang Melakukan Unjuk Rasa Menolak Tabungan Perumahan Rakyat

Sekretaris perusahaan PT Ingria Eka Maolana mengungkapkan pengangkatan Ridwan Kamil sebagai Komisaris Independen Ingria telah sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten atau Perusahaan Publik, pengangkatan, pemberhentian, dan/atau penggantian anggota Dewan Komisaris dilakukan dengan persetujuan rapat umum pemegang saham.

Perusahaan pengembang property terkemuka itu menyatakan berbekal pengalaman sebagai arsitek, Ridwan Kamil merupakan sosok yang tepat untuk mengisi posisi komisaris independen di Ingria.

BACA JUGA: Nana Sudjana Dorong Bank Jateng Tingkatkan Penyaluran KPR Perumahan Subsidi

“Tentu Ingria merasa terhormat dengan bergabungnya beliau, karena nantinya akan memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas pembangunan pada proyek-proyek perumahan Ingria di seluruh Indonesia, tutur Eka.

Menurut Eka, tak hanya sebatas kualitas bangunan, sebagai pengembang perumahan subsidi dan komersial, Ingria juga selalu mengembangkan konsep hunian hijau dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung peningkatan produktivitas penghuninya.

Dia mencontohkan tersedianya saluran air dan sanitasi yang sehat, ruang terbuka hijau (RTH), pedestrian yang ramah pejalan kaki, tersedianya ruang publik yang ramah anak, serta fasilitas umum lainnya yang mengedepankan konsep hunian hijau dan berkelanjutan.

“Sehingga, kehadiran Ridwan Kamil sebagai Komisaris Independen di Ingria, tentunya akan memberikan kontribusi positif dan peningkatan kualitas pembangunan di seluruh proyek perumahan Ingria, agar sesuai dengan visi Ingria, yakni menyediakan rumah yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat,” tambah Eka.

Dalam pemaparan laporan keuangan tahun buku 2023, Ingria mencatatkan total aset sebesar Rp 475,9 miliar dan total liabilitas Rp 91,5 miliar.

Ingria juga berhasil mencetak pendapatan pada tahun 2023 sebesar Rp 47,9 miliar atau meningkat sebesar 65,7 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar 28,9 miliar.

Selanjutnya, para pemegang saham dalam RUPST sepakat menerima laporan keuangan perseroan termasuk laporan realisasi penggunaan dana penawaran saham perdana.

Untuk target bisnis pada 2024, Ingria telah menyiapkan sejumlah ekspansi. 

Salah satunya adalah pembangunan perumahan Gria Grand City di Pantai Hurip, Babelan, Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan rencana eskpansi perseroan, peluncuran Gria Grand City bakal berlangsung Agustus 2024, dengan membangun kantor pemasaran dan rumah contoh.

“Lokasi ini sangat menarik untuk para pekerja di Kawasan Industri Marunda - Tanjung Priok dan sekitarnya. Karena jaraknya hanya sekitar 12 km - 15 km, atau sekira jarak dari Bekasi Timur  ke Cawang,” ujar Eka.

Ditambah lagi, akses menuju Gria Grand City  juga sudah tersedia jalan tol sehingga memudahkan aksesibilitas para pekerja. 

Saat ini akses ke Kalihurip sudah tersedia dengan adanya Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama dengan 14 gardu utama dan 10 gardu satelit. 

“Selain itu, rencana jalan pantura juga berada di depan proyek Gria Grand City. Sehingga  Gria Grand City menjadi lokasi perumahan subsidi terdekat dari Jakarta melalui tol Cikampek,” jelas Eka.

Pembangunan Gria Grand City ini akan menambah daftar proyek perumahan yang telah digarap Ingria di seluruh Indonesia.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler