Gelar Seminar, WKRI Cabang Santa Theresia Hadirkan Dokter Spesialis Gizi Klinik

Sabtu, 29 April 2023 – 23:59 WIB
Pengurus WKRI Cabang Santa Theresia Jakarta bersama Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Nathania S. Sutisna, Sp.GK selaku nasumber pada Seminar Gizi di Aula Gereja Santa Theresia Jakarta, Sabtu (29/4/2023). Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Santa Theresia Jakarta menggelar Seminar Gizi tentang Pola Makan Sehat.

Seminar yang berlangsung di Aula Gereja Santa Theresia Jakarta, Sabtu (29/4/2023) itu menghadirkan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Nathania S. Sutisna, Sp.GK sebagai narasumber dan Patricia Elsye selaku moderator.

BACA JUGA: 6 Makanan Kaya Gizi Ini Baik untuk Kesehatan Jantung Anda

Ketua WKRI Cabang Santa Theresia, Susilawati Kosasih saat sambutan pada pembukaan Seminar mengaku gembira. Sebab, peserta yang hadir termasuk Lansia sangat antusias mengikuti Seminar ini.

Untuk diketahui, Seminar Gizi ini terselenggara atas inisiatif dari Bidang Kesra WKRI Santa Theresia bekerja sama dengan Bidang Humas.

BACA JUGA: Santri Dukung Ganjar Jateng Gelar Penyuluhan Gizi Untuk Cegah Stunting

Lebih lanjut, Susilawati berharap peserta seminar mendapat pengetahuan tentang makanan sehat dan pola makan sehat.

BACA JUGA: Gandeng KBF, PT Surveyor Indonesia Turut Menanggani Gizi Buruk di Papua

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Nathania S. Sutisna, Sp.GK saat berbicara dalam Seminar Gizi yang digelar WKRI Cabang Santa Theresia Jakarta pada Sabtu (29/4/2023). Foto: Friederich Batari/JPNN.com

Sementara itu, Patricia Elsye yang juga mantan Ketua WKRI Cabang Santa Theresia berharap kegiatan seperti ini dapat menjawab kebutuhan umat Gereja Santa Theresia.

“Sebab, kalau konseling sendiri tentu membutuhkan biaya yang cukup besar, tetapi melalui kegiatan seminar ini tentu akan sangat bermanfaat,” ujar Patriacia Elsye yang juga Anggota Tim Bidang Humas DPD WKRI Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Bidang Kesra WKRI Cabang Santa Theresia, Conny Renny Raintung mengatakan seminar Gizi ini merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya anggota WKRI dan umat.

“Ke depan, kami akan melaksanakan berbagai kegiatan bekerja sama dengan semua pihak demi meningkatkan kesejahteraan anggota (WKRI, red), umat dan masyarakat," kata Conny Renny.

Adapun jajaran pengurus WKRI Cabang Santa Theresia yang hadir dalam seminar ini antara lain Suhartati (Wakil Ketua), Elisabeth (Sekretaris), Rini Frederick (Ketua Bidang Humas), Olivia (Wakil Ketua Bidang Humas), Meidiana Evita Thadea (Wakil Ketua Bidang Kesra), dan Vivi Fang (Pengurus Ranting).

Kemudian hadir juga umat dari berbagai lingkungan di Paroki Santa Theresia Jakarta antara lain Ibu Leo Suparti, Iwan Widjaja, Arfeno Ary Putra, Marcus Mardi, Fransiska Tjong Swat Lian, Hermina Kewa, Anna Gracia Ekaristi, Paulina F Ruan, dan Maria Justina Rolin.

Pola Makan Sehat

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Nathania S. Sutisna, Sp.GK dalam kesempatan ini memberikan penjelasan tentang pola makan sehat, baik dari aspek kuantitas maupun kualitas makanan sehat.

Lebih lanjut, Nathania menjelaskan tentang jenis-jenis nutrisi yang dikelompokkan pada makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien dibutuhkan dalam jumlah besar dengan memperhatikan komposisi dan jumlah makanan yang dikonsumsi seperti protein, karbohidrat dan lemak.

Protein bisa bersumber dari nabati atau tumbuhan maupun hewani.

Pengurus WKRI Cabang Santa Theresia Jakarta bersama Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Nathania S. Sutisna, Sp.GK selaku nasumber pada Seminar Gizi di Aula Gereja Santa Theresia Jakarta, Sabtu (29/4/2023). Foto: Friederich Batari/JPNN.com 

Selanjutnya, Nathania menjelaskan tentang mikronutrien. "Mikronutrien dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun sangat penting untuk komponen metabolisme tubuh seperti Vitamin dan Mineral," ujar Nathania.

Untuk diketahui, Vitamin ada yang larut dalam air seperti Vitamin B dan C serta Vitamin yang larut dalam Lemak, yaitu Vitamin A, D, E, dan K.

Adapun Mineral yang dimaksud meliputi seng, kalsium, tembaga, dan lain sebagainya.  

Pada kesempatan itu, Nathania memberikan contoh-contoh tentang makanan yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Lemak dibagi dua, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. 

Nathania yang juga Alumnus Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menjelaskan tentang komposisi makanan yang dikonsumsi atau dikenal dengan Isi Piringku.

Isi Piringku ini sebenarnya istilah lain dari Makanan Empat Sehat Lima Sempurna, yang telah mengalami penyesuaian dengan perkembangan saat ini.

Nathania juga memberikan penjelasan tentang Gizi pada penyakit, meliputi tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes (gula).

Pada bagian akhir, Nathania mengingatkan untuk mengenali pola makan agar dapat memenuhi kebutuhan akan protein, karbohidrat dan lemak.

Nathania yang juga Dokter Umum dari Universitas Pelita Harapan ini menekankan pentingnya memperhatikan komposisi makanan yang dikonsumsi (Isi Piringku).(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler