Gelar Talk Show, Nexus EcoSTEAM Hadirkan Sejumlah Aktivis untuk Membahas Soal Menavigasi Indonesia

Senin, 08 Januari 2024 – 12:14 WIB
Sejumlah tokoh dan aktivis termasuk Wakil Ketua TKN Prabowo – Gibran, Budiman Sudjamiko (ketiga kiri) menghadiri talk show bertajuk “Menavigasi Indonesia: Integrasi STEAM Sebagai Pilar Mewujudkan Kemajuan & Keberlanjutan" dan acara peluncuran website dan kajian publikasi Nexus EcoSTEAM di Balai Dewan Pakar, Jakarta Selatan, Jumat (5/1/2024). Foto: Dok. Nexus EcoSTEAM

jpnn.com, JAKARTA - Nexus EcoSTEAM, sebuah think tank bertujuan mendorong dan mengawal pembangunan berkelanjutan, pengelolaan lingkungan hidup, dan sosial Indonesia dengan kerangka STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, & Mathematics) menggelar talk show.

Acara bertajuk “Menavigasi Indonesia: Integrasi STEAM Sebagai Pilar Mewujudkan Kemajuan & Keberlanjutan" itu berlangsung di Balai Dewan Pakar, Jakarta Selatan, Jumat (5/1/2024).

BACA JUGA: Katanya Negara Maritim, Tapi Jumlah Kapal Navigasi Indonesia Masih Jauh dari Ideal

Sebanyak lebih dari 60-an peserta yang hadir berasal dari berbagai latar belakang mulai dari mahasiswa, aktivis, akademisi, pengusaha, dan profesional/pakar di bidangnya.

Nexus EcoSTEAM menyadari perlunya sebuah platform kolaboratif untuk berdiskusi dan memperkuat upaya yang berkontribusi aktif terhadap visi kemajuan dengan keberlanjutan. Hal ini seiring dengan perkembangan Indonesia yang terus mencapai kemajuan.

BACA JUGA: Budiman Sebut Prabowo-Gibran Bakal Hadirkan Sekolah Unggulan di Seluruh Indonesia

Talk show ini bertujuan mempertemukan para pelaku industri, akademisi, masyarakat sipil dan pembuat kebijakan yang berada di garis depan dalam inisiatif yang membentuk masa depan berkelanjutan Indonesia.

Acara ini menampilkan diskusi panel, presentasi yang mendalam dan sesi tanya jawab interaktif yang menggali aspek-aspek utama pembangunan yang berkelanjutan. Di antaranya Triple Bottom Line (People Planet, Prosperity), konservasi lingkungan, Sustainable Development Goals, dan beragam inovasi. Semua hal tersebut diulas menggunakan pisau Analisa STEAM.

BACA JUGA: TKN: Pilpres Satu Putaran Jadi Keharusan di Tengah Ketidakpastian Geopolitik Dunia

Materi yang dibahas dalam  talk show ini juga meliputi praktik energi terbarukan, ekonomi sirkular, konservasi keanekaragaman hayati, dan praktik bisnis yang bertanggung jawab.

Wakil Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo – Gibran, Budiman Sudjatmiko sebagai salah satu narasumber dalam Talkshow itu, mengatakan masa depan Indonesia yang berkelanjutan dicapai melalui upaya kolaboratif dalam mewujudkan inovasi (community-driven innovation).

Menurut Budiman, hal ini bisa dimulai dengan pembangunan dari desa. Dia menyebut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan berperan sebagai integrator dan aggregator upaya kolaboratif ini.

Budiman menyebut acara Talk show tentang Menavigasi Indonesia ini dapat menjadi platform di mana para pemimpin, pakar, dan masyarakat sipil untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan. Hal ini penting dalam rangka menumbuhkan visi kolektif untuk Indonesia yang lebih maju dan berkelanjutan.

Dalam acara ini, Nexus EcoSTEAM juga merilis website dan memublikasikan kajian tentang strategi mengintegrasikan STEAM kepada masyarakat Indonesia.

M Anindya Pohan sebagai salah satu peserta diskusi yang hadir mengapresiasi Nexus EcoSteam yang berkomitmen untuk melakukan keberlanjutan dari kemajuan pada masa Presiden Jokowi dengan pendekatan STEAM.

“Saya percaya pendekatan ini bisa menjadi katalis terhadap peran generasi muda untuk mengambil peran dalam menjamin keberlanjutan dan kemajuan Negara-Bangsa Indonesia,” ujar Anindya Pohan.

Sorotan utama dari Talkshow ini adalah diskusi para pakar yang berasal dari berbagai bidang di mana mereka berbagi perspektif mengenai kondisi keberlanjutan di Indonesia saat ini sembari mendiskusikan strategi yang tepat untuk melakukan perubahan.

Di sisi lain, peserta memiliki kesempatan untuk terhubung dengan individu, organisasi, dan calon kolaborator yang berpikiran sama selama sesi diskusi.

Talkshow ini turut menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam inisiatif mewujudukan berkelanjutan Indonesia.

Financial Engineering Expert Muliandy Nasution yang juga berbicara dalam acara tersebut menyampaikan gambaran tentang proyeksi ekonomi ke depan, yakni tentang digitalisasi dan dekorbonisasi.

“Keberlanjutan dalam ekonomi diperlukan karena siklus ekonomi dunia (boom and bust cycle) telah mengakibatkan kesenjangan dan krisis sehingga harus mulai untuk diarahkan kepada sistem sustainable capitalism,” ujar Muliandy.

Sebagai informasi, Nexus EcoSTEAM mengundang para pemimpin, pelaku industri, pakar,  akademisi, dan masyarakat sipil untuk turut berpartisipasi secara kolaboratif dalam agenda pembangunan yang berkelanjutan dalam rangka menata masa depan Indonesia yang lebih baik.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler