Gelar Workshop di Jayapura, Fesbul Terus Mendukung Kemajuan Sineas Lokal

Kamis, 13 Juni 2024 – 07:28 WIB
Workshop Film Fesbul Lokus 5 digelar di Jayapura pada 7-9 Juni 2024. Foto: dok Fesbul

jpnn.com, JAYAPURA - Festival Film Bulanan (Fesbul) edisi Juni diselenggarakan di Jayapura, Papua. Workshop ini mengusung tema Passion, Roots, Movement yang bertepatan pada tanggal 7-9 Juni 2024 lalu.

Acara Fesbul ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mengembangkan jaringan para filmmaker di Indonesia khususnya di wilayah Lokus 5 kawasan Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

BACA JUGA: Fesbul Gelar Workshop Film Untuk Meningkatkan Kualitas Sineas Muda

Dipilihnya Lokus 5 ini di kawasan Papua, bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya adalah berlimpahnya kebudayaan serta karya yang beraneka ragam bisa menjadi cerita untuk diangkat ke media perfilman Indonesia.

Kurang lebih sebanyak 20 peserta hadir dan mendapat kesempatan emas untuk mendalami teknis dan trik dalam perfilman dari berbagai sudut pandang.

BACA JUGA: Fesbul Buka Pendaftaran Seleksi Film Lokus 5 untuk Para Sineas Seluruh Kawasan Papua

Pada Workshop di Lokus 5 ini, fokus membahas penulisan skenario, penyutradaraan, dan produksi film.

Semua itu langsung dibimbing dengan para mentor ahli dibidangnya seperti producerial bersama John Badalu, script writing bersama Reza Fahriyansyah, dan Directing bersama Theogracia Rumansara.

BACA JUGA: Ayo Merapat! Pendaftaran Fesbul Lokus 4 Dibuka untuk Sineas Bali, NTB dan NTT

Workshop Film Fesbul berlangsung selama 3 hari. Pada hari pertama, peserta berkesempatan untuk menyampaikan ide cerita mereka, diikuti dengan pemaparan materi dari para mentor untuk memberikan wawasan seputar produserial film.

Hari kedua dilanjutkan dengan sesi One on One Mentoring, dimana peserta dapat berkonsultasi langsung dengan para mentor tentang proyek film mereka.

Semua perencanaan yang sudah dikerjakan dikoreksi serta mendapatkan masukan-masukan yang bisa membangun karya lebih baik lagi.

Pada hari terakhir, peserta mempresentasikan ide cerita mereka setelah melalui proses mentoring. Melalui workshop ini, peserta juga dapat berjejaring dan berdiskusi untuk kemungkinan kolaborasi di masa depan.

Workshop Film Fesbul memberikan kesempatan bagi 2 proyek film pendek terbaik dari seluruh lokus untuk terjun ke dunia komersial dan berpartisipasi dalam film market festival internasional tahun 2025.

Untuk melanjutkan semangat ini, Fesbul mengadakan Workshop Film Fesbul Lokus 6 di Gorontalo, Maluku mendatang. Pendaftaran terbuka bagi para sineas di wilayah Gorontalo, Maluku, Maluku Utara mulai 29 Juni - 12 Juli 2024.

Melalui acara ini, diharapkan perfilman lokal dapat tumbuh dan menghasilkan kolaborasi-kolaborasi serta karya-karya berkualitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Fesbul, kunjungi web resmi www.fesbul.id atau Instagram @fesbul.id. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler