Gempa 5,6 SR Guncang Pacitan, Tak Berpotensi Tsunami

Senin, 14 Juli 2014 – 13:41 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi berkekuatan 5,6 SR, Senin (14/7), pukul 12.05 WIB di 104 km tenggara Pacitan atau 109 km barat data Trenggalek, Jawa Timur.

Pusat gempa berada di Samudera Hindia pada kedalaman 10 km. "Gempa tidak berpotensi tsunami," kata Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Senin (14/7).

BACA JUGA: SBY Sarankan Masyarakat Tak Lagi Berobat ke Luar Negeri

Gempa ini juga tercatat oleh Badan Geologi Amerika(USGS). Mereka mencatat gempa berkekuatan 5,7 SR dengan kedalaman 59,5 km.

Berdasarkan peta guncangan gempa, daerah di sekitar Pacitan hanya berskala IV MMI (Modified Mercali Intensity) atau ringan. Kejadian gempa ini disebabkan aktivitas subduksi yang terbentuk akibat tumbukan antara lempeng Benua Eurasia dan lempeng Samudera Indo-Australia.

BACA JUGA: SBY Tunjuk Dino Patti Djalal jadi Wamenlu

"Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa BPBD," katanya.

Menurut Sutopo, guncangan gempa dirasakan berintensitas sedang selama 3-10 detik di Pacitan, Trenggalek, Malang, Wonogiri, Yogyakarta, dan Tulungagung.

BACA JUGA: Presiden Resmikan RS Pusat Otak Nasional

Menurut penuturan seorang warga di Yogyakarta kepada JPNN, gempa tersebut sempat menimbulkan kepanikan. "Saya merasakan ada gempa, padahal saya sedang ada di mobil," kata seorang Melissa Theodora yang mengaku saat kejadian berada di Jalan Parangtritis, Yogyakarta. 

Bahkan, kata dia, orang-orang di sekililingnya banyak yang berhamburan keluar rumah dengan panik. Namun dia mengaku tak melihat ada korban jiwa dari kejadian tersebut.  

Menurut Sutopo, sampai saat ini, belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa tersebut. Masyarakat diiimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempabumi dan tsunami. (boy/mas//jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Hal yang Harus Dilakukan Polri Jelang 22 Juli


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler