Gempa 6,4 SR Guncang Pidie Jaya, Sejumlah Infrastruktur Kelistrikan Lumpuh

Rabu, 07 Desember 2016 – 15:38 WIB
Tiang listrik roboh akibat gempa 6,4 SR di Pidie Jaya. Foto dok Humas PLN

jpnn.com - PIDIE JAYA – Gempa bumi 6,4 SR yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh menimbulkan korban jiwa dan merusak beberapa bangunan serta infrastruktur kelistrikan yang ada di sana.

Akibat kuatnya goncangan gempa, sebanyak 84 trafo distribusi milik PLN perlu pemulihan akibat jatuh dari posisinya yang berada di atas tanah.

BACA JUGA: Mengecewakan, Rapat Pengangkatan Honorer jadi CPNS Batal

"Kabel jaringan listrik tegangan menengah sepanjang 500 meter sirkit (ms) di Samalanga dan 25 kilometer sirkit (kms) di Meureudu-Beurenun juga ikut mengalami kerusakan," ujar Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Aceh T. Bahrul Halid.

Sementara itu, jaringan listrik Tegangan Menegah mengalami kerusakan akibat roboh, yakni sebanyak 48 tiang dan Tegangan Rendah sebanyak 60 tiang.

BACA JUGA: Korban Gempa Aceh Diperkirakan Masih Bertambah

Lokasi kerusakan tersebut berada di tiga titik, yakni Samalanga, Meureudu dan Beureunun.

"Adanya gangguan dalam sistem kelistrikan menyebabkan listrik tidak tersalurkan sebesar 500 kilowatt (kW) di Samalangan dan 6 megawatt (MW) di Beureunun-Meureudu," papar Bahrul.

BACA JUGA: Revisi Terbatas UU ASN Tunggu Rapat Paripurna

Selain itu, area di Samalanga, Meureudu dan Beureunun sempat mengalami pemadaman listrik sesaat setelah gempa yang berdampak pada sekitar  40 ribu pelanggan PLN.

"Karena itu sesaat setelah gempa, di tengah gempa susulan yang masih terus terjadi, petugas PLN langsung melakukan upaya penormalan terhadap instalasi yang terganggu," katanya.(chi/jpnn)

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korban Meninggal di Pidie Jaya dan Bireuen Capai 52 Orang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler