Gempa China Tewaskan Lima Orang

Minggu, 01 September 2013 – 00:15 WIB

jpnn.com - BEIJING - Sedikitnya lima orang tewas akibat gempa bumi yang mengguncang area pegunungan di barat daya China, Sabtu (31/8) pagi waktu setempat. Sebanyak 21 orang lainnya mengalami luka-luka dan ribuan warga terpaksa direlokasi.

Seperti dilansir dari AP, pemerintah China mengatakan bahwa kekuatan gempa sebesar 5,9 skala ritcher. Sedangkan pantauan Badan Geologi Amerika Serikat, gempa di China berkekuatan 5,8 skala ritcher.

BACA JUGA: Gubah Lagu Cinta, Kakek Ini Ngetop di AS

Gempa mengguncang beberapa daerah diantaranya area Shangri-La dan kabupaten Deqen di Provinsi Yunnan, serta kabupaten Derong di Provinsi Sichuan.

Informasi dari pemerintah daerah Yunnan menyebutkan bahwa lima orang tewas dan 17 orang lainnya terluka di wilayah Shangri-La dan Deqen. Sebanyak enam orang korban luka dalam kondisi kritis.

BACA JUGA: Barat Ragu Serang Syria

Sementara pemerintah daerah Sichuan mengungkapkan bahwa empat orang mengalami luka di kabupaten Derong.

Akibat gempa, sekitar 600 rumah warga hancur dan 55.500 unit rumah mengalami kerusakan. Hal ini membuat sekitar 9.000 warga terpaksa dipindahkan.

BACA JUGA: Bom Bunuh Kepala Distrik

Kantor berita Xinhua melaporkan bahwa gempa mengganggu jaringan komunikasi dan aliran listrik. Imbasnya, upaya penyelamatan terhadap korban gempa menjadi terhambat.

Selama ini daerah pegunungan di barat daya China rawan dengan bencana gempa bumi. Pada bulan Mei 2008, gempa bumi berkekuatan dahsyat di Sichuan membuat 90.000 warga dinyatakan tewas atau hilang. Kemudian pada April 2013, guncangan gempa di wilayah Sichuan telah menewaskan 193 orang. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inggris Batal Serang Suriah, Ditolak Kubu Oposisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler