Gempa Guncang Aceh dan Morotai

Sehari, 3 Kali Gempa Terjadi Wilayah Indonesia

Senin, 05 Maret 2012 – 19:09 WIB

JAKARTA - Dalam sehari ini, Senin (5/3) gempa dengan magnitude 5,5 skala richter (SR) terjadi tiga kali di wilayah Indonesia. Gempa mengguncang Seluma Bengkulu, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh dan Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut).

Gempa baru saja terjadi di Pulau Morotai sekitar 15.12 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa di 1.93 LU-128.59 BT atau 49 kilometer (km) tenggara Pulau Morotai dengan kedalaman 10 km.

Gempa kedua terjadi pada siang pukul 13.55 WIB. Pusat Gempa: 4.19 LU-97.10 BT (31 km Tenggara Kabupaten Aceh Tengah dengan  kedalaman 10 km. Gempa dirasakan II-III MMI di Banda Aceh, Meulaboh dan Lhokseumawe.

Sementara pada pagi hari, terjadi pukul 06:17:05 WIB, Lokasi gempa: 4.43 LS,102.57 BT (46 km Tenggara Seluma-Bengkulu dengan kedalaman 15 km.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho yang telah mengkonfirmasi di masing-masing Posko BPBD mengatakan secara umum gempa dirasakan lemah oleh masyarakat. "Seluruhnya, gempa tidak berpotensi tsunami. Aktivitas masyarakat berjalan normal," ucapnya.

Meski begitu, Sutopo tetap mengingatkan masyarakat agar tetap waspada. Kata dia, gempa bumi bersifat tiba-tiba dan tidak memberikan tanda-tanda akan terjadinya gempa bumi.

"Tatanan geologi wilayah Indonesia yang kompleks menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki bahaya gempa sangat tinggi. Untuk itu kesiapasiagaan adalah keniscayaan. Bencana terjadi saat kita tidak siap," ucapnya. (awa/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Commitment Fee Bukan untuk THR Menteri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler