Gencar Digarap Prabowo, Tiga Segmen Ini Tetap Milik Jokowi

Jumat, 07 Desember 2018 – 13:35 WIB
MESRA: Joko Widodo dan Prabowo Subianto bersama calon wakil presiden masing-masing saat menghadiri Deklarasi Pemilu Damai di Monas, Minggu (23/9). Foto: Ridwan/JPC

jpnn.com, JAKARTA - Upaya pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno merebut suara kaum emak-emak, milenial dan umat Islam tampaknya kurang efektif. Pasalnya, hingga dua bulan berjalan masa kampanye, pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amien masih unggul di segmen-segmen tersebut.

Demikian temuan lembaga survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research yang dirilis hari ini, Jumat (7/12).

BACA JUGA: Kemenangan Jokowi Diprediksi Lebih Besar dari 2014

“Jokowi-Ma’ruf justru unggul pada tiga segmen yaitu pemilih perempuan dengan dukungan 57,8 persen, pemilih milenial 54,1 persen, dan pemilih Islam 53,7 persen,” jelas Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran persnya.

Sedangkan Prabowo-Sandi hanya unggul pada segmen pemilih terpelajar dengan dukungan 41,5 persen, terpaut tipis dengan Jokowi-Ma’ruf 43,2 persen. Padahal, tadinya segmen ini disebut-sebut sebagai pemilih Jokowi.

BACA JUGA: Pilpres 2019: Jokowi Merajai Luar Jawa

Dengan penampilan ganteng dan bergaya trendi, cawapres Sandiaga Uno yakin kubunya bakal mendulang dukungan dari segmen pemilih perempuan dan milenial.

Hal tersebut dikontraskan dengan figur cawapres Kiai Ma’ruf yang usianya jauh lebih tua dan berlatar belakang ulama konservatif. “Gimmick semacam itu tidak terbukti efektif merebut hati pemilih perempuan dan milenial,” ungkap Vivin.

BACA JUGA: Prabowo Presiden dan Takbir Bersahutan di Haul Habib Kwitang

“Sementara, kegagalan Prabowo-Sandi menggaet dukungan ulama menggerus dukungan pada segmen pemilih Islam,” lanjut Vivin.

Keunggulan Prabowo-Sandi pada segmen pemilih terpelajar ditengarai Vivin terkait dengan kemudahan akses informasi, yang ironisnya rentan terpapar oleh berita-berita bohong (hoaks).

“Tim Kampanye Nasional (TKN) dan relawan Jokowi-Ma’ruf harus bekerja keras melawan informasi bohong jika ingin memenangkan dukungan segmen pemilih terpelajar,” pungkas Vivin.

Dari hasil survei, elektabilitas paslon Jokowi-Ma’ruf unggul jauh dengan raihan 54,6 persen sedangkan Prabowo-Sandi hanya 30,6 persen. Jokowi-Ma’ruf juga meraup dukungan di hampir semua pulau, termasuk Jawa (56,7 persen).

Satu-satunya pulau yang dimenangkan kubu Prabowo-Sandi hanya Sumatera (43,3 persen), terpaut tipis dari Jokowi-Ma’ruf dengan dukungan 41,6 persen.

Survei indEX Research dilakukan pada 11-20 November 2018, dengan jumlah responden 1200 orang. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. (dil/jpnn)

Berikut adalah hasil lengkap segmen dukungan paslon pada Pilpres 2019:

Perempuan
Jokowi-Ma’ruf 57,8%
Prabowo-Sandi 27,9%
Tidak tahu/tidak jawab 14,3%

Milenial
Jokowi-Ma’ruf 54,1%
Prabowo-Sandi 30,1%
Tidak tahu/tidak jawab 15,8%

Islam
Jokowi-Ma’ruf 53,7%
Prabowo-Sandi 32,9%
Tidak tahu/tidak jawab 13,4%

Terpelajar
Jokowi-Ma’ruf 41,5%
Prabowo-Sandi 43,2%
Tidak tahu/tidak jawab 15,3%

BACA ARTIKEL LAINNYA... Andalkan Buzzer Medsos, Wajar Prabowo Serang Pers


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler