Genjot Pembangunan Rumah Swadaya, Pemda Diminta Proaktif

Kamis, 13 September 2012 – 16:05 WIB
JAKARTA - Lagi-lagi pemerintah daerah (Pemda) diminta memberikan perhatian khusus terkait program perumahan di wilayahnya masing-masing. Pasalnya, pemda cenderung cuek dengan masalah tersebut padahal di dalam undang-undang sudah ditegaskan kalau urusan perumahan adalah tanggung jawab daerah.

"Kami minta dukungan pemda dalam penyediaan lahan perumahan. Pemerintah tidak akan biarkan pemda jalan sendiri karena Kemenpera akan terus menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada masyarakat miskin di daerah. Tahun ini kita target sekitar 250 ribu unit rumah," ujar Deputi Bidang Perumahan Swadaya Jamil Ansari dalam keterangan persnya, Kamis (13/9).

Kemenpera, lanjutnya, tidak akan bosan mengingatkan pemda dalam hal program perumahan untuk masyarakat miskin. Terlebih target untuk penyediaan rumah swadaya terus meningkat setiap tahunnya.

"Tahun 2012 target pembangunan rumah swadaya sekitar 250 ribu unit. Tapi yang baru teralisasi baru sekitar 24 ribu unit senilai Rp 149 miliar. Jadi kami akan terus pacu penyaluran bantuan ini," terangnya.

Ditambahkannya, Kemenpera akan membantu daerah-daerah yang memiliki indeks kemiskinan di bawah rata-rata. Namun, bukan berarti daerah yang indeks kesejahteraan yang cukup tinggi tidak diperhatikan.

"Kami yakin meskipun daerah memiliki indeks kesejahteraan yang cukup tinggi tapi masalah terkait jumlah hunian tidak layak huni juga besar. Jadi kami juga memerlukan bantuan Pemda dalam mengatasi masalah perumahan di daerah," katanya.

Saat ini, imbuh Jamil, ada surat pernyataan komitmen dari sejumlah bupati/ walikota terkait penyaluran dana BSPS. Salah satu inti dari surat pernyataan komitmen tersebut supaya bupati/ walikota beserta jajarannya dapat bersungguh-sungguh dalam melaksanakan bantuan.

"Kami akan melibatkan bupati/ walikota dan jajaran SKPD agar bisa ikut secara aktif melakukan pengawasan penyaluran bantuan di lapangan. Jadi pemda juga harus memperhatikan penyediaan papan untuk masyarakat miskin selain juga penyediaan sandang dan pangan," pungkasnya. (esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Persaingan Ketat, Hasil Tes CPNS Dijamin Murni

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler