Gerak Cepat, Pj Gubernur Langsung Bahas Penanganan Karhutla di Sumsel

Rabu, 04 Oktober 2023 – 17:13 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni langsung membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan (kahutla) berssama Forkopimda. Foto: dok Sumsel

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni langsung membahas penanganan kebakaran hutan dan lahan (kahutla) bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda), bertempat di ruang Ruang Transit VVIP, Selasa (3/10).

Hal itu dilakukan Agus sesaat landing di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

BACA JUGA: Kabut Asap Makin Tebal, Dinkes Sumsel Siapkan 3,6 Juta Masker Untuk Warga

Hadir pada pembahasan tersebut Kapolda Sumsel, Pangdam 2 Sriwijaya, Kepala Kejaksaan Tinggi dan yang mewakili Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud).

Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda), bupati dan wali kota se-Sumatera Selatan, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pengurus Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ketua Dharmawanita dan pejabat Forkopimda lainnya.

BACA JUGA: Terkait Ocehan di Medsos, Yoan Sandradyta Penuhi Panggilan Penyidik Polda Sumsel

Seusai pertemuan, Fatoni bersama jajaran Forkopimda lainnya mengadakan pertemuan. Hal yang menjadi pembahasan salah satunya adalah terkait penanganan karhutla.

Oleh karena itu, Fatoni dalam waktu dekat akan segera mengumpulkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) provinsi/kabupaten/kota se-Sumatera Selatan dan TNI/Polri.

"Nah, nanti dalam waktu dekat saya akan kumpulkan bupati, wali kota dan satgas karhutla untuk diskusi secara bersama-sama dengan satgas TNI/Polri," kata Fatoni.

Fatoni mengatakan telah berdiskusi dengan Forkopimda terkait langkah konkret apa saja yang hendak dilakukan untuk menangani karhutla.

"Ya ini semua sudah bergerak, kami dengan forkopimda juga sudah diskusi. Langkah-langkah yang hendak dilakukan juga sudah ada, pemprov juga sudah melakukan langkah-langkah, kemudian forkopimda, Pak Kapolda dan yang lain juga sudah, kabupaten/kota juga sudah," jelasnya.

Fatoni juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk mengatasi permasalahan kabut asap.

"Apalagi ini cuacanya sedang seperti ini, El Nino. Ini bisa dilakukan kalau kita bersama-sama dan kompak. Baik dari pemprov, kabupaten/kota, forkopimda, swasta dan masyarakat. Karena ini tanggung jawab bersama," sambungnya.

Dalam waktu dekat, Fatoni bersama Kapolda Sumatera Selatan Irjen Albertus Rachmad Wibowo dan Forkopimda terkait segera turun ke lapangan untuk mengecek langsung kondisi kabut asap terkini.

"Kabut asap inilah yang perlu kita bahas bersama sehingga tidak sendiri-sendiri ya. Kalau sendiri-sendiri nanti tidak terkoordinir sehingga penanganannya tidak efektif. Tadi juga sudah dibicarakan dalam waktu dekat, satu atau dua hari ini, kami akan segera bergerak ke lapangan bersama Pak Kapolda dan Forkopimda yang lain," ucap Fatoni.(jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler