Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih Disambut Antusias, Semua Bergerak

Kamis, 04 Agustus 2022 – 08:51 WIB
Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih: Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq (kanan pegang bendera depan) saat menyerahkan bendera merah putih kepada warga penerima rumah duafa (pakai peci), di Banda Aceh, Selasa (2/8/2022). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemko Banda Aceh

jpnn.com, BANDA ACEH - Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digagas Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri disambut antusias masyarakat, termasuk kalangan pemerintah daerah

Salah satunya Pemerintah Kota Banda Aceh. Mereka sudah memulai gerakan 10 juta bendera merah putih.

BACA JUGA: Enzy Storia & Andhika Pratama Ikut Gaungkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Bendera merah putih diserahken kepada warga penerima bantuan rumah duafa.

"Kita (Pemko Banda Aceh) telah memulai gerakan ini dengan penyerahan bendera merah putih secara simbolis untuk warga penerima rumah duafa," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq dalam keterangannya di Banda Aceh, Rabu (3/8).

BACA JUGA: HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Lomba Bidar Tradisional dan Perahu Hias Digelar Pemprov Sumsel

Penyerahan bendera merah putih tersebut dilakukan di sela-sela penyerahan kunci rumah duafa kepada warga Desa Ceurih Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Selasa (2/8).

Bendera merah putih juga diberikan kepada keuchik (Kepala Desa) dan camat setempat.

BACA JUGA: Bharada E Menembak Brigadir J Bukan Bela Diri, Teriakan Istri Ferdy Sambo Masih Misteri

Bakri Siddiq menjelaskan, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri, pihaknya bersama masyarakat kota akan terus melakukan persiapan untuk mengibarkan bendera merah putih di seluruh pelosok kota, jalan-jalan protokol, kantor pemerintah dan swasta hingga rumah-rumah penduduk.

Dikatakan, kegiatan itu untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat baik secara pribadi, organisasi maupun kelompok, unsur pemerintahan maupun swasta.

"Kita (Pemko Banda Aceh) sukseskan gerakan 10 juta bendera ini, kita siap merah putihkan Kota Banda Aceh," cetusnya.

Kesbangpol Pemko Banda Aceh terus melakukan koordinasi dengan semua elemen, baik OPD (organisasi perangkat daerah), ormas dan seluruh masyarakat di ibu kota provinsi Aceh itu.

Bakri Siddiq mengatakan kegiatan yang dilaksanakan serentak secara nasional itu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menggugah kembali rasa cinta tanah air.

"Selain itu juga dapat meningkatkan rasa semangat nasionalisme dan momentum mengenang sejarah perjuangan dalam merebut kemerdekaan," katanya.

Kepala Kesbangpol Kota Banda Aceh Heru Triwijanarko menambahkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan seluruh elemen.

Selain dengan SKPD, komunikasi juga dilakukan dengan berbagai kalangan termasuk sektor swasta dan ormas-ormas.

Dia memastikan, seluruh SKPD jajaran Pemko Banda Aceh sudah mulai bergerak. Para camat juga telah melakukan pertemuan membahas kegiatan ini dengan para keuchik agar bendera merah putih berkibar di seluruh penjuru kota.

"Untuk saat ini, SKPD sudah mulai semua, camat-camat juga sudah bergerak melakukan koordinasi dengan para keuchik. Kita (Pemko Banda Aceh) harap semua berjalan sesuai dengan harapan," demikian Heru Triwijanarko. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler