Gerbang Masuk Makassar Diperketat

Selasa, 25 Desember 2012 – 04:03 WIB
MAKASSAR --Perayaan natal dan tahun baru 2013 membuat kepolisian bekerja ekstra ketat. Pengamanan di sejumlah gereja, pelabuhan, bandara dan pintu masuk ke Makassar lainnya ditempatkan sejumlah pengamanan.

Kapolda Sulsel Irjen Mudji Waluyo, memantau pengamanan perayaan Misa Natal di Gereja Katedral Makassar, di Jalan Kajaolalido, Senin (24/12). Sejumlah perwira yang turut mendampingi, Kapolrestabes Makassar, Kombes Wisnu Sandjaja, dan Kasat Brimob Polda Sulsel Kombes Ramdani Hidayat.

Juga, tampak sejumlah perwira lainnya. Kunjungan ke tempat peribadatan umat kristiani ini juga dilakukan Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Syahrul Mamma, dan Irwasda Polda Sulsel, Kombes E Permadi. Wakapolda melakukan kunjungan di Gereja Immanuel Jalan Balaikota. Mereka memantau kesiapan anggota kepolisian yang bertugas pengamanan.

"Kepolisian siap mengamankan kelancaran proses ibadah Misa Natal tahun ini. Bukan hanya di gereja, tapi di bandara dan pelabuhan, pengamanan juga ditingkatkan. Terima kasih untuk ormas-ormas yang ikut menjaga keamanan di lingkungan gereja," beber, Mudji di depan jemaat Misa Natal Gereja Katedral.

Mudji Waluyo, juga berharap agar personel kepolisian untuk siaga dan memperketat selama bertugas pengamanan. Juga, kepada masyarakat di Sulsel khususnya Makassar untuk berpastisipasi dalam menjaga keamanan di lingkungan sekitarnya.

Usai silaturahmi di Gereja Katedral, rombongan kapolda mengunjungi Pelabuhan Makassar. Di sini rombongan memeriksa kesiagaan personel kepolisian dalam mengawasi pintu kedatangan melalui jalur laut. Pasalnya, libur natal membuat masyarakat memilih untuk mudik.

Dalam Operasi Lilin Lipu 2012 yang berlangsung dari tanggal 21 Desember 2012 hingga 1 Januari 2013, jajaran Polda Sulselbar menyiagakan 3.058 personel dibantu 299 anggota TNI, 273 Satpol PP dan unsur-unsur lainnya untuk melakukan penjagaan di 3.128 gereja yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Kasat Brimob Polda Sulsel, Kombes Ramdani Hidayat, mengatakan, untuk pengamanan ini pihaknya menerjunkan ratusan personel untuk melakukan pengamanan di sejumlah gereja. Selain, personel yang bertugas melakukan penjagaan di sejumlah gereja juga disiapkan personel yang melakukan patroli.

"Untuk personel yang bertugas di sejumlah kepolisian sektor akan bertugas melakukan patroli setiap saat. Mereka akan membackup personel yang bertugas melakukan pengamanan di gereja," katanya, kepada wartawan di lobi kantor Polrestabes Makassar. (abg)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jemaat HKBP Filadelfia Dilempari Telur Busuk

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler