Giatkan Pemuda Berwirausaha

Minggu, 15 April 2012 – 15:04 WIB

JAKARTA – Jumlah penduduk Indonesia yang besar menjadi potensi dan aset utama bangsa dengan mengembangkan wirausaha muda. Mengingat tidak ada satu negara maju tanpa ditopang pemuda yang berwirausaha.

“Di Amerika Serikat  ada belasan persen dari penduduk yang berwrausaha, Malaysia sekitar 6 persen, bahkan negara-negara di Eropa Timur sekarang mamacu kemajuan bangsanya dengan mendorong pemuda sadar betul berwirausaha,”ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Hatta Radjasa di Jakarta, Minggu (15/4).

Pria yang juga menjabat Menko Perekonomian itu menjelaskan bahwa Indonesia memiliki 250 juta penduduk dan dengan fasilitas lapangan pekerjaan yang kurang memadai. Karenanya kata dia, pemikiran yang menyebutkan bahwa jumlah populasi penduduk yang besar akan menjadi beban.

“Kekuatan bangsa itu terletak pada SDM yang tergerakan, SDM ini dalam usia produktif harus di dorong untuk tumbuh berkualitas yang mampu bersaing dan siap untuk membela bangsanya,”jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya menggelar pelatihan wirausaha mandiri yang menyasar kurang lebih 500 anak muda Indonesia. Kota utama yang disasar adalah Jakarta dan masih ada 10 kota lagi yang akan disambangi untuk dibina.

“Untuk Jakarta sebanyak 500 orang muda yang ikut mendaftarkan diri, kita mendampingi tapi tanpa embel-embel PAN dan tidak harus menjadi Kader PAN, semua kami  rangkul dan seleksi,”urainya.

Adapunn 11 kota yang akan berkompetisi adalah Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makasar, Banjarmasin, Aceh, dan Jayapura.  “Mereka yang lolos tahap seleksi akan mendapatkan monitoring bisnis di enam kota tersebut dan mendapatkan tambahan modal bagi group yang berhasil membuka usaha baru dan stabil,”pungkasnya. (naa/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Wapres Minta Bandara Kualanamu Dipercepat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler