Gibran Jadi Calon RI2, Media Asing Anggap Jokowi Masih Ingin Berkuasa

Senin, 23 Oktober 2023 – 22:07 WIB
Laman TIME yang memberitakan soal Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres. Foto: tangkapan layar TIME

jpnn.com, JAKARTA - Sorotan media mancanegara kembali mengarah kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kali ini, sorotan itu juga menyasar putranya, Gibran Rakabuming Raka, yang menjadi bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

BACA JUGA: Analisis Dahlan Iskan soal Relasi Gibran & Puan: Jateng Jadi Medan Perang

Laman TIME mengunggah artikel berjudul Indonesian Presidential Candidate Names Current President’s Son as Running Mate.

Artikel yang tayang pada Senin (23/10/2023) pukul 03.05 EDT itu secara khusus mengupas peluang Jokowi tetap memainkan pengaruhnya setelah masa kepresidenannya berakhir tahun depan.

BACA JUGA: Prabowo Gandeng Gibran, Hasto: PDIP Ini Banteng, Makin Ditekan, Makin Semangat

TIME menulis Jokowi telah berkali-kali menepis anggapan soal Presiden Ketujuh RI itu cawe-cawe pada penentuan capres-cawapres.

“Namun, Gibran sebagai wakil presiden bisa memberikan kesempatan kepada Jokowi untuk memainkan peran penting dalam mengarahkan negeri dengan perekonomin terbesar di Asia Tenggara setelah periode keduanya berakhir pada Oktober 2024,” demikian ditulis TIME.

BACA JUGA: Respons Deklarasi Prabowo-Gibran, PDIP Singgung Keluarga dan Ambisi

Media yang berbasis di New York itu juga memajang foto Gibran dalam pose sebagai wali kota Surakarta yang berdiri di depan potret Presiden Jokowi. TIME juga membuat subjudul tentang dinasi politik.

Syahdan, laman The Guardian memberitakan soal Gibran lewat berita berjudul Joko Widodo’s son chosen as running mate for Indonesia presidential candidate Prabowo.

Media Inggris itu mendedahkan terpilihnya Gibran sebagai cawapres untuk Pilpres 2024 telah memunculkan kritik tentang Jokowi sedang membangun dinasti politik di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Dari Jepang, laman Nikkei Asia mengangkat soal Gibran yang mau menjadi bakal cawapres untuk mantan rival Jokowi pada dua pilpres sebelumnya.

"Jokowi's son to make Indonesia VP bid alongside father's old rival,” demikian judul media yang berbasis di Tokyo itu.

Nikkei menganggap keputusan tentang penunjukan Gibran itu akan menambah drama pada Pilpres 2024 karena Jokowi berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mengusung Ganjar Pranowo.

Dari negeri jiran, The Straits Times memajang berita berjudul Defence Minister Prabowo to run for Indonesia president with Jokowi’s son Gibran as VP.

Media milik Singapore Press Holdings Limited itu juga menyoroti soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memungkinkan Gibran menjadi cawapres.

MK yang dipimpin adik ipar Jokowi, Anwar Usman, telah menurunkan syarat capres/cawapres bisa berusia 40 tahun asalkan berpengalaman sebagai kepala daerah hasil pilkada.

“Gibran adalah wali kota Surakarta, secara populer dikenal sebagai Solo,” demikian tertulis di berita The Straits Times.

Adapun Aljazeera memberitakan soal Gibran dengan berita berjudul Prabowo picks Jokowi’s son as running mate in Indonesia presidential bid.

Media yang bermarkas di Doha, Qatar, itu menyebut aliansi dengan Gibran sebagai upaya Prabowo menarik pendukung Jokowi.

Merujuk sejumlah pengamat, Aljazeera menyebut langkah itu juga sebagai jurus Jokowi mengamankan program-program andalan pada pemerintahannya tetap dilanjutkan oleh presiden mendatang.(jpnn.com)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler