Gibran Masih Ramai Dibicarakan di Media Digital Pascadebat Cawapres

Sabtu, 23 Desember 2023 – 13:59 WIB
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka di panggung debat cawapres di JCC, Jakarta, Jumat (22/12). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Debat calon wakil presiden (cawapres) yang menjadi sarana adu gagasan dari Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, menjadi perbincangan ramai di media digital.

Bukan tanpa alasan, pasalnya Gibran yang digadang-gadang menjadi sosok yang tertekan dari adanya debat gagasan tersebut, justru menjadi sosok yang paling diapresiasi sebagai man of the match dari debat yang dilaksanakan di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12).

BACA JUGA: Gibran Tak Menjawab Pertanyaan Panelis Debat, Mahfud Sampai Pakai Kata Yang Terhormat

Dalam debat tersebut, Gibran menunjukkan apabilitasnya melalui beberapa momen atau gagasan menarik, yakni akan melakukan pemerataan dan pembangunan.

Gibran, bahkan kembali menegaskan soal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang juga akan jadi fokusnya jika memenangi Pilpres.

BACA JUGA: Sukarelawan Menilai Gibran Tampil Gemilang di Debat Cawapres

"IKN bukan saja membangun bangunan pemerintahan. tapi sebagai simbol pemerataan pembangunan di Indonesia, simbol transformasi di Indonesia," kata Gibran.

Debat resmi Gibran sebagai cawapres diperbincangkan oleh berbagai pemberitaan online maupun di media sosial seperti Facebook, Instagram, X/Twitter, Tiktok dan sebagainya.

BACA JUGA: Deddy TPN Ganjar-Mahfud Tuding Gibran Curi Narasi untuk Debat Cawapres

Platform social listening Brand 24 mencatat data pada 23 Desember pukul 00.00 WIB bahwa Prabowo-Gibran merajai pembicaraan di pemberitaan online maupun sosmed dengan total 9.762 mention, diikuti oleh paslon nomor urut 03 sebesar 5.387 mention dan paslon nomor urut 01 sebesar 2.314 mention.

Secara detail baik di social media mentions dan non-social media mentions Prabowo-Gibran juga unggul dibandingkan paslon lain dengan total 1.241 mention, diikuti paslon 03 sebesar 908 mention, dan paslon 01 yang hanya 706 mention.

Kemudian, secara sentimen positif, Prabowo-Gibran menguasai kuantitas apresiasi dengan total 1.768 mention telak jauh dibandingkan paslon 03 dan paslon 01

Social media reach maupun non-social media reach juga terkesan unggul dibandingkan paslon 03 dan paslon 01, dengan rincian masing-masing, yaitu 23 juta mention untuk paslon 02, sedangkan 03 hanya mendapatkan 11 juta mention dan paslon 01 hanya 7,9 juta mention saja.

Ismail Fahmi, founder Drone Emprit mengatakan trend percakapan tentang masing-masing cawapres makin naik.

Terlebih trend percakapan Gibran Rakabuming sudah lebih tinggi sebelum debat dimulai dengan total mention sebanyak 10.582 pada pukul 19.00 WIB yang kemudian bertambah menjadi 30.821 pukul 20.00 WIB.

Sementara itu, jumlah volume mention yang diterima Gibran Rakabuming di platform X sebanyak 67.553. Angka tersebut jauh lebih unggul dibanding paslon lain yang hanya menerima 37.928 mention untuk paslon nomor urut 01 dan paslon nomor urut 03 yang menempati posisi terakhir dengan jumlah mention sebanyak 18.648.

Keunggulan Prabowo-Gibran secara udara pasca debat cawapres yang dilaksanakan oleh KPU ini menjadi bukti nyata bahwa sosok Gibran yang seringkali disebut sebagai anak muda yang penakut untuk menunjukkan gagasannya, justru tampil di luar ekspektasi masyarakat. (jlo/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler