Gili Trawangan, Pulau Terbaik Dunia Milik Indonesia

Nomor Empat Asia, Kalahkan Phuket dan Langkawi

Rabu, 03 April 2013 – 09:27 WIB
MATARAM-Situs perjalanan wisata terbesar di dunia, TripAdvisor, pekan lalu mengumumkan sepuluh pulau terbaik di Asia. Gili Trawangan di Lombok, menempati posisi keempat, mengalahkan Phuket di Thailand dan Langkawi di Malaysia.

Indonesia menempatkan dua wakilnya dalam penghargaan Travelers" Choice 2013 itu. Nusa Lemongan di Bali, menempati posisi nomor dua, di bawah pemenang utama, Koh Tao, di provinsi Surat Thani, Thailand.

Negeri Gajah Putih itu menempatkan wakil paling banyak. Pulau Ko Lanta, di Provinsi Krabi, menempati posisi ketiga, lalu disusul Phuket, dan Koh Samui, di Provinsi Shurat Tani untuk posisi enam dan tujuh. Filipina menempatkan dua wakilnya yakni Pulau Boracay di Vicayas, dan Palawan di Mimaropa. Keduanya di posisi lima dan delapan.

Sementara pulau wisata andalan Malaysia, Langkawi berada pada posisi ke sembilan, satu tingkat di atas Pulau Havelock, salah satu pulau wisata di India. ‘’Penghargaan itu diumumkan pekan lalu. Dari sepuluh pulau di Asia, Alhamdulillah, Gili Trawangan berada pada posisi keempat,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB HL Gita Aryadi, Selasa (2/4).

Menurutnya, kawasan wisata ini kata dia memang andalan pariwisata NTB. Dan tercatat pertama kali bagi Gili Trawangan dari TripAdvisor. Setiap hari, sedikitnya 1.200 wisatawan berkunjung setiap hari. Selain mudah dijangkau dari Lombok, Gili Trawangan juga bisa dijangkau dari Bali. Tercatat ada 17 trip perjalanan kapal cepat dari Bali ke Gili Trawangan tiap hari.
Wisatawan asing paling banyak yang mengunjungi Gili trawangan berasal dari Australia. Selebihnya adalah para wisatawan Asia.

Gita mengatakan, TripAdvisor saat ini menjadi referensi wajib bagi para wisatawan di dunia, dan memiliki jutaan pengguna yang berasal dari seluruh belahan dunia. Tiap tahun, situs ini memberikan penghargaan untuk hotel, restoran, pulau, pantai dan destinasi wisata terbaik.

Penghargaan itu didasarkan pada kualitas dan kuantitas hotel, restoran, dan atraksi wisata selama periode 12 bulan. Menurut ulasan jutaan pengguna TripAdvisor, Gili Trawangan adalah pulau yang akan membuat semua pelancong jatuh cinta pada pandangan pertama. ‘’Menyelamlah di pagi hari, snorkeling, berjemurlah di bawah sinar matahari, dan stess Anda pun hilang,’’ begitu pendapat TripAdvisor untuk Gili Trawangan.

TripAdvisor juga menyebut Gili Trawangan sebagai pusat industri menyelam di kawasan wisata di Lombok. Disebutkan, Gili Trawangan memiliki lusinan toko dan sekolah menyelam. Mengelilingi pulau itu dengan berjalan kaki, juga tak ubahnya seperti tengah berada di pusat yoga, karena ketenangannya yang kudus.

Sementara itu, Nusa Lemongan, unggul dan berada pada posisi kedua karena kualitas hutan bakau, pembudidayaan rumput laut, dan pantai cantik seperti Jungut Batu. ‘’Mengunjungi tempat-tempat ini adalah cara wajib untuk menyelami keindahan Nusa Lemongan,’’ tulis TripAdvisor.(cr-kus)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Honorer Ramai-Ramai Ngadu ke Ombudsman

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler