Giliran Pasar Rumput Terbakar

Selasa, 29 April 2014 – 04:59 WIB

SI jago merah kembali mengamuk di pasar yang dikelola PD Pasar Jaya. Setelah beberapa hari lalu, api membakar ribuan kios di Pasar Senen, Jakarta Pusat, kemarin (28/4) giliran kios di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, luluhlantak diamuk api. Untungnya peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 05.25 itu hanya menghanguskan satu kios sepatu di lantai 2 Blok A.
     
Api bisa dipadamkan hingga tidak menjalar ke kios lain. "Kejadiannya itu sekitar pukul 05.25, asap tebal sudah mulai terlihat dari atas lantai 2," ujar Nurhadi, 69, pedagang kopi kepada INDOPOS. Dijelaskan Nurhadi juga, beruntung warga setempat sigap langsung menggunakan air dari toilet umum belakang pasar untuk memadamkan api.

"Untung dibantu warga jadi api cepet padam. Petugas Damkar agak lambat datangnya. Padahal jam 05.30 jalanan masih sepi," ungkapnya juga.

BACA JUGA: Perang Antar RW, 7 Rumah Dirusak

Menurutnya lagi, saat kejadian toko sepatu milik Buyung tersebut belum buka. Karena memang kondisinya masih pagi. "Belum ada yang buka. Saya melihat kabel-kabel listrik itu menyala, dan sempat ada ledakan juga," ungkapnya lagi.

Ditambahkannya lagi, saat kebakaran gardu listrik induk di pasar itu langsung dipadamkan. Sehingga aliran listrik langsung padam dan api tidak menyambar. Petugas pemadam kebakaran yang datang sekitar 10 menit setelah kejadian, langsung melokalisir titik awal kebakaran di kios yang berada di tengah Pasar Rumput tersebut.

BACA JUGA: Pelajar SMK Assamah Depok Tewas di Sungai Ciliwung

"Kita lokalisir langsung tadi titik api karena kiosnya di tengah. Untuk mencegah seperti kejadian di Pasar Senen kemarin," terang Edi Sucipto, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Selatan yang mengaku mengerahkan 25 mobil pemadam untuk mencegah api meluas.

Ditegaskannya, dengan kecepatan penanganan api tidak merembet ke kios lain. "Syukur bisa kita tangani dengan cepat agar tidak merembet. Kita bisa kuasai api setelah 45 menit usai kejadian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ujarnya. Untuk penyebabnya, masih belum diketahui secara pasti.

BACA JUGA: Ortu Murid JIS Geruduk KPAI, Protes Sekolah Dijelek-jelekkan

"Tapi dari keterangan saksi ada yang melihat kabel-kabel terbakar. Biar nanti Polisi yang menyelidiki lebih lanjut," tutupnya. Atas kejadian itu, kerugian materil belum dapat ditaksir. (ibl)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Keluhkan Pelayanan Disdukcapil Depok Lelet


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler