Giliran Persijap U-21 Jajal Evan Dimas Dkk

Senin, 17 Februari 2014 – 08:26 WIB
Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri. Foto: dok.JPNN

JEPARA - Timnas proyeksi Piala AFC U-19 2014 melanjutkan rangkaian uji coba tur nusantara. Melawan Persijap Jepara U-21 di Stadion Bumi Kartini, nanti malam. Skuad Garuda Jaya, julukan U-19, diharapkan bisa meningkatkan performa.
       
Pelatih Indra Sjafrie menuturkan dari lima laga uji coba yang sudah dijalani, target progress per game sudah didapatkan. Meski sudah puas, Indra masih ingin pemainnya terus mematangkan cara bermain seperti yang diinginkannya.
       
"Kami akan terus mematangkan tim dengan bermain ball possession seperti ini. Sampai pada titik otomatisasi pemain dalam menguasai bola tercapai," katanya saat dihubungi, kemarin (16/2).
       
Otomatisasi yang dimaksud Indra adalah bagaimana pemain mampu mengambil inisiatif dalam kondisi apapun. Jika masih belum maksimal, Indra memaklumi karena pemain-pemainnya memang masih dalam tahap belajar.
       
Mematangkan tim bagi Indra membutuhkan waktu yang panjang. Apalagi, mematangkan tim untuk level kompetisi semakin tinggi dan demi target lolos ke Piala Dunia U-20 di New Zealand pada 2015 mendatang.
       
Dalam laga melawan Persijap, Indra memastikan bakal mencoba komposisi pemain berbeda dari lini per lini. Jika sebelumnya Ryuji Utomo dipasangkan dengan Sahrul Kurniawan di bek tengah, maka kali ini rotasi dan uji kompetensi pemain akan kembali dilakukan.
       
Sayang, dia tak menyebutkan siapa dan di lini mana akan dilakukan perubahan komposisi. Namun, melihat lini penyerangan yang mulai bisa lebih kreatif dalam membuka serangan saat imbang 1-1 melawan PSIS Semarang, mungkin ada kemungkinan perubahan dibuat di sektor depan.
       
Demikian juga di sektor tengah. Untuk menguji performa pelapis dari trio gelandang Evan Dimas Darmono, M Hargianto, dan Zulfiandi, kemungkinan pemain seperti Ihsan Kurniawan atau Hendra Sandi akan dicoba turun lebih lama.   
       
Sebelumnya, saat melawan tim Pra PON DIY di uji coba ketiga tur  Jogja, Indra pernah menurunkan 80 persen pemain yang jarang diturunkan sebagai starting eleven. Melihat menit bermain, bisa jadi Indra kembali menyisakan hanya dua sampai tiga pemain yang langganan starting di laga malam nanti.
       
"Ini kan uji coba, pasti saya akan  coba pemain yang saya nilai perlu dicoba lagi," tuturnya.
       
Di sisi lain, pelatih Persijap U-21 Anjar Widodo mengaku sudah menyiapkan timnya sekitar dua pekan. Bermaterikan pemain daerah, Anjar siap memberikan perlawanan maksimal kepada skuad Garuda Jaya.
       
Tak mau menjadi bulan-bulanan Evan Dimas Darmono dkk, Anjar bersama pemainnya sudah mempelajari lima pertandingan yang dijalani Evan Dimas. Dari empat kemenangan dan sekali seri yang dicetak U-19, dia sudah bisa membaca permainan lawannya tersebut.
       
"Pemain sudah mengamati permainan Timnas U-19, saya juga tak berhenti memotivasi pemain bahwa kami bisa memberikan perlawanan maksimal kepada mereka," katanya, kemarin (16/2). (aam)
    
Timnas U-19 (4-3-3):
Ravi Murdianto (Gk)
Mahdi Fahri Albar, Febly Gushendra, Hansamu Yama, Eriyanto
Hendra Sandi, Paulo Sitanggang, Ihsan Kurniawan
Dinan Yahdian, Dimas Drajat, David Septian

BACA JUGA: Panggil Zaha di Laga Uji Coba

BACA ARTIKEL LAINNYA... City Diuntungkan Penundaan Laga


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler