GO Bocorkan Strategi Lolos Seleksi PTN dan PT Kedinasan

Rabu, 25 September 2024 – 07:57 WIB
Ilustrasi seleksi PTN dan PT Kedinasan. Foto: Ganesha Operation

jpnn.com, JAKARTA - Dalam webinar siswa SMA/SMK se-Jawa Timur, pada awal September kemarin, Direktur Utama Ganesha Operation (GO) Prof. Dr. Ir. Bob Foster, M.M., berbagi tips dan trik lolos seleksi PTN atau PT Kedinasan.

Bersama Dinas Pendidikan Jawa Timur, GO membekali siswa dengan wawasan dan strategi terbaik, agar dapat lolos seleksi PTN maupun PT Kedinasan.

BACA JUGA: Ganesha Operation Gelar Seminar Strategic for Success di SMA Unggul Del

Menurut Prof. Bob, persaingan masuk Perguruan Tinggi Negeri setiap tahunnya semakin ketat.

Dengan jumlah peserta tes masuk perguruan tinggi jalur SNBP dan SNBT 2024 yang mencapai lebih dari 4.161.579 siswa, hanya sekitar 8 persen yang dinyatakan lolos.

BACA JUGA: Ganesha Operation Rayakan Pencapaian Empat Dekade dengan Beragam Program Inspiratif

Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat, tidak hanya sekadar belajar biasa.

Dalam sesi itu Prof. Bob menyoroti hasil yang membanggakan dari TOBK Nasional Ganesha Operation.

BACA JUGA: Kompetisi The Champion Race Sukses, Ganesha Operation Raih Rekor MURI

Dia menyampaikan bahwa nilai rata-rata siswa Jawa Timur dari hasil TOBK GO lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia.

Tiga sekolah dengan rataan nilai TOBK tertinggi di Jawa Timur diraih SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro, SMAN 1 Kota Blitar, dan SMAN 3 Kota Blitar. 

Hal itu menunjukkan bahwa siswa Jawa Timur memiliki potensi yang besar untuk sukses dalam seleksi PTN maupun PT Kedinasan.

Selain itu, Prof. Bob menjelaskan bahwa hal tersebut tidak terlepas dari pentingnya persiapan yang matang dan strategi yang tepat dalam menghadapi ujian seleksi.

Dia menekankan pentingnya menggunakan hasil TOBK Ganesha Operation sebagai alat evaluasi.

"Melalui aplikasi GO Expert, siswa bisa mendapatkan Evaluasi Prestasi Belajar (EPB) untuk memahami kekuatan dan kelemahannya, di setiap mata uji pada tes UTBK-SNBT,” ungkap Bob, dalam keterangan GO, Rabu.

“Dengan informasi ini, siswa dapat memfokuskan latihan di bidang yang masih perlu ditingkatkan,” lanjutnya.

Prof. Bob menjelaskan bahwa TOBK Ganesha Operation dirancang dengan Sistem Item Response Theory (IRT), yang mensimulasikan UTBK-SNBT sesungguhnya.

Sistem itu hanya bisa dilakukan oleh Ganesha Operation, karena syarat jumlah peserta yang memadai dan ketersebaran peserta di seluruh Indonesia.

Dengan 229.024 peserta TOBK (TOBK Nasional Agustus 2024) dari seluruh cabang GO di Indonesia, hasil TOBK GO memberikan prediksi yang akurat dan relevan dengan UTBK-SNBT asli.

Prof. Bob juga memperkenalkan Formula 3B (Belajar, Berlatih, Bertanding), serta Konsep The King untuk membantu siswa menjawab soal pada tes UTBK-SNBT dengan lebih mudah, cepat, dan tepat yang menjadi salah satu metode pembelajaran di GO.

Pada akhir sesi, Prof. Bob menekankan kepada siswa untuk fokus belajar, dan tidak terlalu khawatir dengan perubahan dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Ganesha Operation sendiri siap menjadi partner belajar terbaik dalam mengantarkan siswa menuju kesuksesan akademik.

"Segala hal bisa dipelajari. Apa yang akan terjadi di depan bisa GO duga. Sebelum yang lain tahu, Ganesha Operation sudah tahu. Fokus saja belajar, biar perubahan menjadi urusan GO," tutup Prof. Bob. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Giring Ganesha Bicara Soal Kemungkinan Reuni Bareng Nidji


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler