Gol Tunggal Oyarzabal Antar Spanyol Petik Kemenangan Pertama di Olimpiade Tokyo 2020

Minggu, 25 Juli 2021 – 21:34 WIB
Mikel Oyarzabal (11) melakukan selebrasi usai cetak gol kemenangan Spanyol atas Australia. Foto: Twitter @SeFutbol

jpnn.com, TOKYO - Spanyol akhirnya petik kemenangan pertama di Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Australia dengan skor tipis 1-0.

Bermain di Sapporo Dome, Sapporo, Minggu (25/7) WIB, gol tunggal dari Mikel Oyarzabal di menit ke-81 sudah cukup bagi Tim Matador untuk mendulang tiga poin.

BACA JUGA: Menang Lagi, Praveen/Melati Buka Asa ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Hasil ini membuat Spanyol kokoh di puncak klasemen sementara Grup C dengan raihan 4 poin dari dua pertandingan. Australia mengekor di peringkat kedua dengan raihan tiga poin.

Jalannya Pertandingan

BACA JUGA: Laga Keras Brasil Kontra Pantai Gading di Olimpiade Tokyo 2020 Berakhir Imbang

La Furia Roja di laga ini tampil tanpa kehadiran Dani Ceballos yang mengalami cedera di pertandingan sebelumnya saat bermain imbang lawan Mesir.

Meski begitu, anak asuh Luis De La Fuente tetap bisa memegang kendali jalannya laga.

Tim Matador terus gempur pertahanan Australia tanpa membiarkan lawannya itu mengembangkan permainan. Namun, banyak peluang terbuang sia-sia karena buruknya penyelesaian akhir dari Dani Olmo dan kolega.

Menit ke-21 Spanyol mendapat peluang terbaik untuk membuka keunggulan, tapi sayang sepakan Mikel Oyarzabal masih membentur mistar gawang Australia.

Javi Puado tak mau kalah dalam menciptakan peluang untuk timnas Spanyol. Melalui sepakannya di menit ke-35, penjaga gawang Australia Thomas Glover dibuat sedikit cemas. Beruntung bola masih melambung ke sisi kiri.

Glover tampil cemerlang di pertandingan ini dengan melakukan lima penyelematan atas peluang yang dibuat Oyarzabal, Dani Olmo, dan Carlos Soler.

Tidak ada gol di babak pertama. Spanyol lebih dominan, tapi banyak menyia-nyiakan peluang.

Untuk menajamkan lini serang, Tim Matador memainkan Marco Asensio, Bryan Gil, dan Rafa Mir di pertengahan babak kedua. Masuknya Asensio cukup membuat lini depan Spanyol lebih kreatif dalam menciptakan peluang.

Kebuntuan timnas Spanyol akhirnya pecah pada menit 81' ketika umpan jitu dari Marco Asensio mampu disambut sundulan terarah Mikel Oyarzabal yang tak mampu dihalau kiper Australia, Thomas Glover. Spanyol unggul 1-0.

Usai unggul, anak asuh Luis De La Fuente masih berusaha menambah gol lagi, tapi upaya mereka belum menemui hasil.

Tambahan waktu tujuh menit tidak cukup untuk mengubah skor, sehingga kedudukan 1-0 bertahan hingga laga usai.

Pada pertandingan lainnya Argentina yang juga tergabung di Grup C sukses mengalahkan Mesir dengan skor serupa beberapa jam sebelum laga Spanyol kontra Australia.(mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler