Golkar Tawarkan Jusuf Hamka Dampingi Kaesang, Begini Alasannya

Senin, 15 Juli 2024 – 21:44 WIB
Mohammad Jusuf Hamka. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Partai Golkar siap memasangkan Kaesang Pangarep sebagai kandidat gubernur dengan Jusuf Hamka sebagai kandidat wakil gubernur untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Dave Laksono, Jusuf Hamka merupakan tokoh yang paling tepat mendampingi Kaesang.

BACA JUGA: Pemilih Disabilitas Wajib Diberi Tempat Dekat Kotak Suara

Alasannya, Jusuf Hamka yang merupakan kader partai berlambang pohon beringin mempunyai pengalaman cukup mumpuni.

Hal tersebut, kata dia, menjadi salah satu alasan Golkar mendukung Jusuf Hamka menjadi bakal calon wakil gubernur mendampingi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep pada Pilkada Jakarta 2024.

BACA JUGA: Kemendagri Desak Pemda Percepat Penyaluran Anggaran Pilkada 2024

"Saya kira dengan modal berbagai prestasinya yang bisa mendobrak berbagai permasalahan, dengan modal itu pasti bisa mengatasi persoalan Jakarta," ujar Dave dalam keterangan di Jakarta, Senin (15/7).

Menurut Dave pengabdian Jusuf Hamka dalam menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat sudah menjadi modal utama untuk memimpin Jakarta yang kompleks.

BACA JUGA: KPU Petakan TPS Khusus Penyintas Gempa dan Likuefaksi

"Beliau ini sudah berhasil mendobrak sejumlah permasalahan sehingga mempercepat pembangunan tol contohnya, lalu ada juga memberikan dukungan pendidikan, beliau orang baik," ucapnya.

Dia lantas membeberkan sejumlah persoalan masyarakat yang diatasi Jusuf Hamka, di antaranya memberikan pendidikan gratis hingga membuat program makan gratis bagi masyarakat kurang mampu.

"Kemudian kesehatan ataupun membagikan makan siang gratis kepada masyarakat setempat, ini menjadi salah satu kekuatan utama yang bisa kita harapkan untuk memimpin Jakarta," katanya.

Dave membantah kabar yang menyebut Jusuf Hamka bukan kader Partai Golkar.

Dia mengatakan Jusuf Hamka bukan orang baru di Golkar. Jusuf Hamka sudah beberapa kali menjabat pengurus pada periode sebelumnya.

"Beliau dikatakan bukan kader sejati ataupun juga orang menumpang Partai Golkar itu tidak tepat karena beliau adalah orang yang berkarier di Partai Golkar," ucapnya.

Sebelumnya, Partai Golkar menyiapkan kader internal Jusuf Hamka atau Babah Alun sebagai pasangan Kaesang, apabila putra bungsu Presiden Joko Widodo itu memutuskan maju di Pilkada Jakarta.

"Untuk mendukung Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur, yaitu Babah Alun," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (11/7).

Airlangga mengatakan partainya melihat Jakarta memiliki tantangan yang besar sekali, yakni infrastruktur, terutama untuk mengatasi kemacetan.

Oleh sebab itu dia menyiapkan Babah Alun untuk dipasangkan dengan Kaesang di Pilkada Jakarta.

Walaupun demikian, Airlangga mengatakan masih banyak waktu untuk membahas soal wacana tersebut.

Dia menyebut pihaknya tidak terburu-buru dan akan menggunakan survei sebagai basis dan akan dibicarakan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). (Antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Ketua PCNU Majalengka: Sudah Saatnya Eman Suherman Jadi Bupati


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler