Golkar Yakin HMP Gol di Paripurna DPR

Sabtu, 29 Desember 2012 – 21:15 WIB
JAKARTA -- Anggota Tim Pengawas Century DPR Bambang Soesatyo tak peduli dengan sikap Sekretariat Gabungan (Setgab) yang merupakan koalisi partai politik pendukung pemerintah terkait dengan Hak Menyatakan Pendapat (HMP) kasus bail out Bank Century yang melibatkan Wakil Presiden Boediono. Ia percaya, meskipun saat ini setgab solid melindungi Boediono dengan usulan HMP, namun belum tentu saat sidang paripurna digelar.

"Biar saja. Dulu juga saat kami gulirkan Hak Angket Century mereka menyatakan hal yang sama," kata Bambang, Sabtu (29/12) menjawab soal Setgab yang menyatakan bahwa bakal solid hadang HMP Century.

Walaupun saat ini dihadang oleh Setgab, politisi Golkar itu mengatakan Timwas Century tetap pada pendiriannya akan menggulirkan HMP. Kata dia, usai reses DPR masa sidang ini, usulan penggunaan HMP itu akan digulirkan kembali.

"Ya," jawabnya singkat. Sebelumnya, Bambang juga menyatakan usai reses tahun depan nanti tim sembilan akan menggulirkan kembali HMP itu dengan meminta dukungan para tokoh dan masyarakat.

Sebelumnya diberitakan usulan penggunaan HMP kasus Century segera digulirkan di DPR. Namun Setgab  pemerintah sudah ancang-ancang mengerem usul penggunaan HMP.

Pada Kamis (27/12) lalu, Setgab mengadakan pertemuan di kediaman Sekretaris Setgab Koalisi Syarief Hasan. Saat itu, partai-partai koalisi pemerintah, kecuali Partai Golkar, bersepakat tidak meneruskan wacana pengusulan HMP. Partai Golkar memilih abstain. Dengan sikap itu, Fraksi Partai Golkar mempersilakan anggotanya menggunakan atau tidak menggunakan HMP sesuai dengan pilihan masing-masing.

Namun Syarief Hasan memastikan Setgab tetap solid. Semua fraksi anggota koalisi pemerintah sudah bersepakat menyerahkan penegakan hukum atas kasus Century kepada KPK. "Sebab, itu keputusan paripurna. Konsisten saja," katanya, kemarin. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Skenario Besar Berangus Partai Gurem

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler