Google Gandeng Samsung Memperkenalkan Fitur Quick Share

Rabu, 10 Januari 2024 – 17:16 WIB
Ilustrasi menggunakan perangkat Android besutan Google. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Google memperkenalkan inovasi terbarunya, yaitu sistem berbagi untuk Android bernama Quick Share yang dikembangkannya bersama Samsung.

Perkenalan inovasi Google dengan Samsung itu dilakukan di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Google Menghadapi Tuntutan dari Seorang Ilmuwan Komputer

Sistem berbagi pada Android yang sebelumnya dikenal dengan nama Nearby Share dan dirilis pada 2020, akan digantikan oleh Quick Share.

Google mencoba untuk mengadopsi penamaan fitur yang dimiliki Samsung.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A25 5G Diklaim Mengandalkan Kamera Antiblur, Sebegini Harganya

Fitur Quick Share sebelumnya sudah dikenal oleh para pengguna Samsung khususnya untuk para pengguna ponsel pintar Galaxy.

Quick Share baru yang dikembangkan Google dan Samsung diklaim bakal menjadi sistem terbaik.

BACA JUGA: Samsung Perluas Layanan SmartThings ke Mobil Hyundai

Google menyebutkan fitur itu akan mengintegrasikan pengalaman Samsung yang membuat dasar dari sistem itu, dan menghadirkan opsi lebih mudah untuk para pengguna perangkat apa pun yang berjalan dengan sistem operasi Android ataupun Chrome OS.

Salah satu langkah Google untuk membuat sistem Quick Share tersebut menjadi lebih cepat dikenal masyarakat, misalnya dengan menggaet LG sebagai produsen personal computer (PC).

Lewat perangkat PC besutan LG pada masa mendatang, fitur baru Quick Share dari Google akan dihadirkan di perangkat tersebut dalam bentuk aplikasi preinstalled.

Dengan sistem baru untuk berbagi itu, pengguna dapat dengan mudah memilih ikon Quick Share dan mendapatkan daftar nama perangkat di dekatnya untuk berbagi konten.

Sama seperti sistem sebelumnya, pengguna bisa memilih siapa yang dapat mencari perangkatnya dan juga mengirim konten ke perangkatnya.

Ada tiga pilihan yang akan tersedia yaitu semua orang, hanya kontak, atau hanya perangkat anda.

Sistem baru Quick Share itu akan mulai tersedia pada Februari 2024 di perangkat yang sebelumnya telah bisa menggunakan fitur Nearby Share. (gsmarena/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Google Play Store Versi Terbaru Sudah Dilengkapi Fitur Uninstall


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Google   Samsung   quick share   Android  

Terpopuler