Google Memungkinkan Kaum Hawa Mencoba Gaun Secara Virtual, Diklaim Lebih Akurat

Sabtu, 07 September 2024 – 13:40 WIB
Ilustrasi Google Shopping. Foto: The Guardian

jpnn.com, JAKARTA - Google meningkatkan pemanfaatan kecerdasan artifisial generatif, yang memungkinkan para penggunanya khususnya perempuan, untuk secara virtual mencoba mengenakan ribuan gaun dari ratusan merek.

Menurut Google, gaun merupakan satu kategori pakaian yang paling banyak dicari menggunakan alat coba tersebut.

BACA JUGA: Google Melengkapi Gmail dengan Kemampuan AI Gemini

Namun demikian, teknik difusi yang ada saat ini sulit digunakan pada gaun, yang lebih detail dan kompleks dibandingkan dengan jenis pakaian lainnya.

Google Shopping tahun lalu meluncurkan alat coba pakaian yang menggunakan teknologi difusi, untuk membuat gambar atasan dan blus yang berkualitas tinggi dan terlihat nyata.

BACA JUGA: Google Chrome Bakal Membawa Fitur Drag and Drop di Ponsel Android

Alat itu mensimulasikan bagaimana pakaian akan jatuh, melipat, menempel, serta membentuk kerutan dan bayangan pada orang dalam berbagai pose.

Lantaran detail yang rumit pada gaun, model difusi yang ada kesulitan menangkap cetakan gaun yang detail seperti pola bunga atau geometris.

BACA JUGA: Amazon dan HP Diduga Memakai Teknologi Video Milik Nokia Tanpa Izin

Oleh karena itu, Google mengembangkan strategi pelatihan baru yang dimulai dengan gambar beresolusi rendah, dan secara bertahap memasukkan resolusi yang lebih tinggi.

Selain itu, perusahaan menggunakan teknik baru untuk menghadirkan penggambaran gaun yang lebih akurat pada orang.

Gaun biasanya menutupi sebagian besar tubuh dan tersedia dalam berbagai ukuran panjang.

Menempatkan gaun virtual pada seseorang sering kali menyebabkan penutupan atau pengaburan detail tubuh.

Guna mengatasi masalah itu, teknik baru yang disebut VTO-UNet Diffusion Transformer (VTO-UDiT) digunakan untuk mempertahankan fitur seseorang sambil menghapus dan mengganti gaun, menghasilkan gambaran yang lebih akurat gaun dan orang yang memakainya.

Teknologi coba virtual dimaksudkan untuk meniadakan spekulasi saat mencari pakaian, dengan ukuran yang tepat untuk berbagai bentuk tubuh.

Perusahaan seperti Adobe, Amazon, dan Walmart telah meluncurkan alat khusus yang memungkinkan pelanggan mencoba semua jenis pakaian secara virtual, termasuk gaun.

Google tampaknya berusaha menghadirkan fitur yang lebih canggih dari fitur pesaing dalam perluasan manfaat alat cobanya. (techcrunch/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Google Essentials Hadir di PC Windows, Ini Kegunaannya


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler