Gordon Banks Meninggal Dunia

Rabu, 13 Februari 2019 – 08:12 WIB
Gordon Banks di tahun 2015. Foto: AFP

jpnn.com, LONDON - Kiper legendaris Timnas Inggris, Gordon Banks meninggal dunia, Selasa (12/2). Banks yang merupakan pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966 wafat akibat mengidap penyakit kanker.

Kabar itu dibenarkan pihak keluarganya melalui akun resmi Stoke City FC, @stokecity. Keluarga memberitahukan meninggalnya legenda sepak bola dunia tersebut.

BACA JUGA: Piala Dunia 2018: WAGs Bintang Inggris Pesta Sampai Subuh

"Ini menjadi kesedihan yang besar bahwa kami mengumumkan Gordon (Banks) meninggal dunia dengan damai. Kami sangat merasa kehilangan dirinya. Kami memiliki banyak kenangan menarik dan sangat bangga kepadanya," bunyi pernyataan pihak keluarga Banks.


Aksi Gordon Banks di Piala Dunia 1966. Foto: dari Daily Mail

BACA JUGA: Ramuan Paraguay Untuk Timnas Inggris di Piala Dunia 2018

Hal senada juga diungkapkan oleh rekannya yang juga pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966, Sir Geoff Hurst. Dia mengaku merasa sangat kehilangan setelah mendengar kabar tersebut.

"Sangat sedih mendengar berita bahwa Gordon (Banks) telah meninggal. Dia merupakan salah satu pemain terhebat. Berita sedih untuk keluarganya, Ursula, Julua, Wendy, dan Robert. Juga untuk dunia sepak bola, Stoke City, dan para penggemar. Dia akan sangat dirindukan," ungkapnya dikutip The Mirror.

BACA JUGA: Jese Lingard Bawa Inggris Redam Belanda di Amsterdam

Banks adalah kiper legendaris Inggris. Oleh FIFA dia dinobatkan sebagai penjaga gawang terhebat di eranya. Dia kerap kali melakukan aksi penyelamatan yang sangat fantastis. Selama kariernya, Banks tercatat pernah membela tiga tim yakni Leicester City, Chesterfield, dan Stoke City.

Di Timnas Inggris, Banks tampil dalam 73 laga. Dia menjadi pilar The Three Lions pada 1963 hingga 1972. Prestasi terbaiknya adalah menjuarai Piala Dunia 1966 yang berlangsung di Inggris.

Banks memang mencapai puncak penampilan saat membawa Inggris juara Piala Dunia 1966. Namun, salah satu momen yang paling sering diperbincangkan dan selalu diingat adalah penyelamatannya dalam laga melawan Brasil di Piala Dunia 1970 Meksiko.

Kala itu, Banks mampu menggagalkan peluang bersih dari striker tajam Brasil, Pele. Banks berhasil menghalau sundulan Pele dari jarak dekat. Bahkan, ketika itu Pele turut memuji performa yang ditampilkan Gordon. Sebab, tidak banyak kiper yang mampu menahan serangan mematikan dari Pele.


Gordon Banks (kiri) saat bersama legenda Brasil, Pele. Foto: dari Daily Mail

Banks, lahir di Sheffield pada 30 Desember 1937. Itu artinya, Banks meninggal dunia dalam usia 81 tahun. (bintang rahmat/jpc)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cedera Harry Kane Bikin Panik Dua Pelatih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler