Grace Natalie Belum Waktunya, Ahok Tunggu Reshuffle Kabinet

Jumat, 12 Juli 2019 – 15:27 WIB
Basuki Tjahaja Purnama. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi menilai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PDI) Grace Natalie belum layak menjadi menteri.

Meski partainya mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019, namun pengalaman politik Grace dinilai penting untuk ditempa kembali. Paling tidak agar membawa PSI lolos ambang batas parlemen pada Pemilu 2024 mendatang.

BACA JUGA: Erick Thohir Jangan Dijadikan Mendagri, Adian Napitupulu di Senayan Saja

"Grace saya kira masih harus ditempa pengalaman politiknya dan harus membuktikan lagi di pemilu mendatang agar PSI lolos ambang batas parlemen," ujar Ari kepada JPNN, Jumat (12/7).

Saat ditanya peluang mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ari menyebut Jokowi akan menghadapi dilema jika buru-buru mengangkat Ahok menjadi menteri.

BACA JUGA: Terbukti Bisa Angkat Guru Bantu jadi PNS, Ahok Layak jadi MenPAN-RB

BACA JUGA: PKB Waswas PDIP, Golkar dan Nasdem juga Incar Kursi Menteri Desa

"Kemampuan dan sosok Ahok memang dibutuhkan untuk mengatasi lambannya birokrasi, tetapi Jokowi akan menghadapi risiko politik yang besar," ucapnya.

BACA JUGA: Parpol Minta Jatah Menteri, Jokowi: Tak Apa-Apa Wong Minta Saja

Pembimbing disertasi di pasca sarjana Universitas Padjajaran ini memprediksi kelompok oposisi akan memanfaatkan celah pengangkatan Ahok sebagai amunisi yang tiada habisnya untuk "menggorok" kebijakan Jokowi.

"Saya kira potensi Ahok harus disimpan dulu. Jokowi akan aman menarik Ahok di-reshuffle kabinet jelang 2 atau 3 tahun Jokowi mengakhiri jabatan. Ahok akan aman bagi posisi politik Jokowi, jika badai dari imbas kasus Ahok mereda dulu," katanya.

Ari juga menyatakan, pengangkatan Ahok di awal kabinet sangat berisiko tinggi apalagi faktor kestabilan politik di periode awal masa jabatan kedua Jokowi harus kondusif.

BACA JUGA: Sugito Beber Sikap Habib Rizieq terkait Pemulangannya jadi Syarat Rekonsiliasi

Menurutnya, Jokowi memang sudah tidak memiliki beban karena sudah di periode akhir jabatan. Tetapi dengan kalkulasi sosial politik yang matang, akan lebih aman jika menarik Ahok di pertengahan periode jabatan untuk antisipasi terjadinya reshuffle kabinet. "Posisi Ahok yang tepat adalah Kepala Bulog atau Menpan RB," pungkas Ari. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pakar Hukum: Undang-Undang Melarang Ahok jadi Menteri


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler