Groundbreaking Setahun Lalu, Stadion Kebanggaan Anies Baswedan Baru Rampung 19,6 Persen

Rabu, 11 Maret 2020 – 07:02 WIB
Proyek pembangunan Jakarta International Stadium atau Stadion Bersih, Manusiawi dan Wibawa (BMW) di kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (10/3). Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat

jpnn.com, JAKARTA - Hampir satu tahun berlalu sejak Gubernur Anies Baswedan meletakkan batu pertama pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Sekarang proyek sarana olahraga tersebut baru rampung 19,6 persen.

Asisten Manajer Konstruksi JIS M Rizki Fauzi Sentosa mengatakan, progres pembangunan tersebut melampaui target yang direncanakan, yakni 13,5 persen.

BACA JUGA: Taufik Gerindra Minta Anies Baswedan Dahulukan Keselamatan Warga ketimbang Formula E

"Ada deviasi positif 5,8 persen," kata Rizki di Jakarta, Selasa (10/3).

Rizki menjelaskan, saat ini sedang dilakukan pengerjaan struktur proyek JIS sejak bulan September 2019. Fokus pengerjaan yakni struktur bagian bawah dan bagian atas.

BACA JUGA: Wuih, Gubernur Anies Bakal Bangun Stadion Voli Internasional di Pulau Reklamasi

Menurut dia, pekerjaan dalam proses konstruksi saling berkaitan, sehingga paralel pekerjaan struktur juga berjalan bersesuaian dengan pekerjaan lainnya.

"Saat sedang proses penyelesaian kolom utama," ujar Rizki.

BACA JUGA: Anies Larang Keramaian, Pemprov DKI Tetap Gelar Car Free Day

Pembangunan JIS menggunakan delapan kolom utama dengan diameter enam meter. Enam buah kolom sudah sementara proses pengerjaan dan hampir selesai.

Pembangunan kolom utama menggunakan metode slipform, dimana metode tersebut digunakan untuk struktur vertikal dalam mempercepat proses konstruksi.

Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pemilik proyek JIS bekerjasama dengan tiga perusahaan untuk seluruh pekerjaan terkait desain dan pembangunan termasuk pekerjaan struktur. Pekerjaan itu dalam bentuk kerjasama operasional (KSO) bersama Wijaya Karya (Wika), Jaya Konstruksi dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

Untuk diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan berjalannya proyek pembangunan Jakarta International Stadium pada 14 Maret 2019. Rencananya stadion berkelas internasional itu akan menjadi kandang bagi klub bola Persija Jakarta. (ant/dil/jpnn)
Simak! Manuver Kebijakan Ekonomi Jokowi Akibat Corona



Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler