Grup MIND ID Tebar Beasiswa Pendidikan hingga Tingkatkan Kapasitas Guru

Rabu, 10 Januari 2024 – 15:45 WIB
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus merealisasikan dukungannya pada pendidikan di wilayah operasional pertambangan. Foto: dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - Anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus mendukung pendidikan untuk siswa di sekitar areal pertambangan perusahan. 

Salah satunya dilakukan oleh PT Timah lewat Timah Mengajar.

BACA JUGA: Grup MIND ID Terus Mengatasi Kelangkaan Pangan di Wilayah Operasional

Timah Mengajar adalah wujud perusahaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung kemajuan dunia pendidikan melalui peningkatan kompetensi guru atau pengajar. Program ini dilaksanakan di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. 

“Pendidikan sangat penting sebagai pendorong masa depan yang lebih baik. Hal ini sejalan dengan visi dan misi MIND ID sebagai BUMN Holding Industri Pertambangan yang mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan yang lebih baik,” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.

BACA JUGA: Meningkat Dibanding Tahun Lalu, Grup MIND ID Pasang Target Baru pada 2024

Menurut Heri, TJSL di bidang pendidikan yang dilakukan oleh Grup MIND ID memang sejalan dengan visi dan misi MIND ID yang mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan yang lebih baik. 

Grup MIND ID terlibat aktif dalam pengembangan pendidikan, terutama di wilayah sekitar operasional tambang.

BACA JUGA: Mobil Sehat Grup MIND ID Layani 4.731 Warga 3 Pulau Sepanjang 2023

Pendidikan Berkualitas merupakan salah satu bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada poin empat.

“Hal ini sejalan dengan pilar Peta Keberlanjutan MIND ID, salah satunya menghadirkan pendidikan yang berkualitas,” ucap Heri.

Grup MIND ID telah memberikan beasiswa pendidikan kepada ribuan siswa yang tersebar di pelosok negeri, mulai dari pendidikan dasar, menengah, hingga perguruan tinggi. 

“Tak hanya fokus pada siswa, sertifikasi guru dan program peningkatan literasi guru juga menjadi salah satu fokus pengembangan grup MIND ID,” ujar Heri.

PT Timah Tbk juga mendukung sarana dan prasarana pendidikan melalui Timah Mengajar. Program ini memberikan pelatihan bagi 50 guru, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP/MTs, SMA/MA, hingga SMK yang berada di Kecamatan Kundur Barat dan Kundur Utara.

Program itu memberikan manfaat nyata bagi para guru, salah satunya Atika dari MTs Umul Quro Kecamatan Kundur Barat.

Atika mengatakan program ini sangat bermanfaat karena memberikan pembelajaran dalam membuat karya ilmiah dan memotivasi dirinya untuk meningkatkan skill dan ketrampilan dalam menyampaikan ilmu kepada anak-anak didik.

Selain Timah Mengajar, PT Timah Tbk juga memiliki beberapa program bidang pendidikan lainnya, seperti beasiswa berprestasi kepada pelajar, bantuan langsung kepada anak-anak nelayan, dan pelatihan bagi guru.

Selain PT Timah, PT Freeport Indonesia juga memiliki program di bidang pendidikan melalui Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ). Yayasan di bawah naungan PT Freeport Indonesia ini menggelar kegiatan Education Fair 2023.

Kegiatan ini berlangsung di dua lokasi, yaitu di YPJ Tembagapura pada 10 November 2023 dan di SMP YPJ Kuala Kencana pada 13-14 November 2023. Sebanyak 27 sekolah unggulan mengikuti kegiatan ini, salah satunya Sekolah Semesta yang merupakan salah satu sekolah unggulan di Jawa Tengah.

Melalui Education Fair 2023, para siswa dan orang tua diberi kemudahan dalam menentukan sekolah studi lanjutan. Kegitan ini digelar setiap tahun oleh YPJ sebelum penerimaan gelombang kedua mulai dibuka.

Melalui kegiatan ini, banyak sekolah yang memberikan diskon menarik. Bahkan, Sekolah Semesta juga memberikan diskon uang gedung sebesar 50 persen untuk event edufair ini.

Anggota Grup MIND ID lainnya, PT Aneka Tambang Tbk (Antam), juga ikut berpartisipasi dalam memajukan pendidikan di sekitar areal tambang. PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Konawe Utara meluncurkan program beasiswa pelajar.

Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, beasiswa ini ditujukan ke para pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA/sederajat di Kecamatan Malawe dan Lasola Kepulauan. Peluncuran acara ini berlangsung di Aula Kantor Camat Molawe pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Tahun ini, sebanyak 137 siswa menerima beasiswa pelajar dalam bentuk buku rekening tabungan siswa. Dengan beasiswa ini diharapkan pendidikan di sekitar areal tambang dapat berkembang karena kemajuan sumber daya manusia di Kabupaten Konawe Utara.

Selain bidang pendidikan, PT Antam Tbk juga menjalankan program TJSL di bidang pengembangan ekonomi lokal, lingkungan, kesehatan, sosial budaya, kelembagaan, dan infrastruktur. Program ini merupakan bagian kontribusi perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan, kemandirian, dan keberlanjutan masyarakat, terutama yang berada di sekitar wilayah operasi pertambangan yang terdampak oleh aktivitas pertambangan.

Tak ketinggalan, anggota MIND ID PT Bukit Asam Tbk juga memiliki program beasiswa Bidiksiba. Sebanyak 50 orang penerima beasiswa ini mulai masuk dan menjalani perkuliahan pada 2023.

Bidiksiba atau Program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam merupakan program beasiswa pendidikan yang diberikan PT Bukit Asam Tbk kepada siswa lulusan SLTA/sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Pada 2023, para peserta yang telah lolos pun sudah melewati berbagai tahapan seleksi, mulai dari psikotes, tes akademik, serta kunjungan tempat tinggal untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

Adapun total 50 penerima beasiswa berasal dari Unit Pertambangan Tanjung Enim sebanyak 26 anak, Unit Dermaga Kertapati delapan anak, Unit Pelabuhan Tarahan 10 anak, dan Unit Pertambangan Ombilin Padang enam anak. Sebanyak 22 anak akan menjalani pendidikan di Politeknik Negeri Malang, 22 anak di Politeknik Negeri Sriwijaya, dan enam anak di Politeknik Negeri Lampung.  

Sementara itu, langkah dalam memajukan pendidikan di sekitar area tambang juga dilakukan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). PT Inalum memberikan beasiswa S1 dan Inalum Leadership Camp.

Sebanyak 100 orang telah mendapatkan beasiswa S1 pada 2022. Penerima beasiswa berasal dari delapan kota/kabupaten yang termasuk ke dalam wilayah kerja utama TJSL PT Inalum. Kini, mereka tengah menempuh pendidikan di Universitas Sumatra Utara, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Selain pemberian beasiswa, seluruh penerima beasiswa dari PT Inalum juga diikutsertakan dalam kegiatan Inalum Leadership Camp.

Inalum Leadership Camp merupakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan soft skill para penerima beasiswa dengan berbagai variasi tema.

Beasiswa S1 dan pelatihan ini merupakan program lanjutan yang telah digagas sejak 2019. Kesuksesan program ini juga atas kerja sama PT Inalum dengwn beberapa mitra strategis, di antaranya Yayasan Karya Salemba Empat (KSE), Paguyuban KSE Universitas Sumatra Utara, Paguyuban KSE Universitas Negeri Medan, dan Paguyuban KSE Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Melalui program ini, perusahaan juga berhasil meningkatkan nilai akademik penerima mahasiswa (IP/IPK semester genap) hingga 87 persen.

PT Inalum juga berhasil mengembangkan desa binaan dan meningkatkan kemandirian masyarakat di desa sekitar perusahaan, seperti Desa Halado, Desa Meranti Utara, dan Desa Perupuk.

“Program beasiswa ini juga berhasil melahirkan 134 mahasiswa dan mahasiswi yang telah menyelesaikan perkuliahan dan mendapatkan gelar sarjana. Melihat manfaatnya yang cukup besar bagi peningkatan pendidikan, program tersebut akan terus dilaksanakan,” beber Heri.(jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
MIND ID   pendidikan   guru   beasiswa   TJSL   Siswa  

Terpopuler