Guardiola Pastikan Rodri Absen hingga Akhir Musim

Sabtu, 28 September 2024 – 00:30 WIB
Rodri mengangkat trofi Pemain Terbaik Euro 2024 setelah laga final Spanyol melawan Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (14/7/2024). ANTARA/AFP/Adrian Dennis/am.

jpnn.com - JAKARTA - Manajer Manchester City Pep Guardiola mengonfirmasi bahwa gelandang Rodri dipastikan absen hingga akhir musim setelah menjalani operasi ligamen anterior cruciate (ACL).  Absennya Rodri menjadi pukulan berat bagi Manchester City.

"Operasi dilakukan pagi ini, ACL. Musim ini sudah selesai untuknya. Dia akan kembali musim depan. Sayangnya, kami mendapat kabar terburuk, tetapi hal-hal seperti ini bisa terjadi. Kami akan mendukungnya dalam setiap langkah pemulihannya," ujar Guardiola dalam konferensi pers, dikutip dari ESPN.

BACA JUGA: Kiper Barcelona Ter Stegen Cedera Lutut & Harus Dioperasi

Absennya Rodri karena cedera lutut saat Manchester City bermain imbang 2-2 melawan Arsenal, menjadi pukulan berat bagi klub tersebut.

Musim lalu, City kesulitan tanpa kehadiran pemain berusia 28 tahun itu. Terbukti dengan kalahnya mereka dalam tiga pertandingan Liga Premier yang tidak diikuti Rodri.

BACA JUGA: Pep Guardiola Sangat Bangga Jika Rodri jadi Pemenang Ballon dOr

Guardiola menyebut Rodri sebagai pemain yang "tak tergantikan".

Namun, dia menyatakan masih memiliki opsi lain di lini tengah, seperti Mateo Kovacic, Ilkay Gündogan, bahkan bek John Stones.

BACA JUGA: Final EURO 2024 Spanyol vs Inggris: Rodri Mengemban Peran Kunci sebagai Komputer

"Apa yang dia berikan kepada kami, kami tidak memiliki pemain serupa," kata Guardiola.

"Akan tetapi, pemain lain bisa bersama-sama menggantikan apa yang telah diberikan Rodri sejak dia datang kepada kami. Kami harus melakukannya sebagai tim dan mencari cara untuk bermain tanpa salah satu pemain penting ini."

Selain Rodri, Guardiola juga mengonfirmasi bahwa Kevin De Bruyne akan absen dalam pertandingan melawan Newcastle pada akhir pekan karena cedera paha.

Guardiola juga membuka peluang untuk mencari pengganti Rodri pada bursa transfer Januari.

Kalvin Phillips, yang musim lalu menjadi pelapis Rodri, telah dipinjamkan ke Ipswich Town.

Guardiola menyebut klub mungkin akan mencari gelandang baru setelah Natal.

"Kami akan lihat," ujar Guardiola.

"Kami berdiskusi hari ini dengan (direktur olahraga) Txiki (Begiristain) dan akan melihat bagaimana perkembangannya. Kami tidak harus memutuskan besok. Kami masih punya waktu untuk mengatasi potensi masalah, dan akan kita lihat nanti." (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler