Gubernur Khofifah Gowes Bareng Dokter Jantung  se-Jatim

Minggu, 25 September 2022 – 21:10 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa gowes bareng para dokter jantung di Jawa Timur dan ribuan masyarakat dalam kegiatan Indonesia Heart Bike (IHB) 2022, Minggu (25/9). Foto IKA Unair 

jpnn.com, SURABAYA - Peringatan Hari Jantung Sedunia 2022 di Jawa Timur berlangsung istimewa.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa gowes bareng para dokter jantung di Jawa Timur dan ribuan masyarakat dalam kegiatan Indonesia Heart Bike (IHB) 2022, Minggu (25/9).

BACA JUGA: Pemprov Jatim Borong 32 Penghargaan BKN Award 2022, Khofifah: Layak Diacungi Jempol

Kegiatan gowes ini merupakan rangkaian HUT ke-50 Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga (Unair).

Terselenggaranya acara ini atas sinergi antara Pemprov Jatim dengan Ikatan Dokter Indonesia dan IKA Unair, Yayasan Jantung Indonesia bersama Departemen / KSM Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FK Unair - RSUD Dr Soetomo dan PERKI Cabang Surabaya. 

BACA JUGA: 5 Provinsi Sudah Tak Miliki Desa Tertinggal, Ada Wilayah Ganjar dan Khofifah

Tak hanya itu juga sangat terasa manfaatnya lantaran juga diramaikan dengan rangkaian kegiatan, seperti berbagi bahagia dan semangat bagi anak dengan penyakit jantung bawaan, pemeriksaan tensi, cek kesehatan, dan juga senam jantung hingga pasar murah. 

"Sinergi dan kolaborasi yang sangat baik untuk bersama-sama mencegah penyakit jantung, sekaligus menyosialisasikan hidup sehat,” ujar Khofifah.

BACA JUGA: Realisasi Penanaman Modal di Jatim Naik, Khofifah: Alhamdulillah

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menjelaskan segala jenis olahraga dan semua hal yang dapat membuat tubuh menjadi sehat pasti bernilai baik.

"Apa saja yang bikin sehat saya rasa akan baik untuk semua," sebutnya. 

Tak hanya sehat, gubernur perempuan pertama di Jatim ini mengatakan bahwa olahraga juga sumber kebahagiaan.

Menurutnya dengan berolahraga orang akan mendapatkan dua manfaat sekaligus ya sehat yan bahagia. 

"Jangan lupa salah satu sumber kebahagiaan itu olahraga. Jadi, bukan hanya bisa menjadikan sehat tapi juga bahagia," tuturnya. 

Terkait peringatan Hari Jantung Sedunia, Khofifah mengatakan, cara paling ideal untuk merefleksikan tentang masalah penyakit jantung, yaitu dengan berpikir secara global dan bertindak secara lokal.

Dimulai dari pembuat kebijakan dan profesional kesehatan hingga seluruh lapisan masyarakat diundang untuk terlibat. 

Sementara itu, Plt Rektor Unair Prof Bambang Sektiari mengatakan IHB 2022 menyampaikan terima kasih telah melibatkan Unair khususnya IKA Unair dalam rangka peringatan Hari Jantung Dunia.

Dia memastikan para alumni Unair yang ada di berbagai daerah dan di luar negeri juga mengikuti acara ini secara virtual. 

"Mudah-mudahan acara pagi ini bisa bermanfaat bagi kesehatan masyarakat Jawa Timur. Dan harapan kita bersama masyarakat Jawa Timur yang segera bangkit lebih kuat," ucap Prof Bambang Sektiari. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler