Gubraak, Wakil Gubernur Salah Duduk di Kursi Papsmear

Selasa, 05 Februari 2019 – 10:37 WIB
Wagub Jatim Saifullah Yusuf ketika nyaris jatuh dari kursi pasien. Foto: JPG

jpnn.com, SURABAYA - Menjelang pergantian jabatan Wagub Jatim Saifullah Yusuf sempat meresmikan Yayasan Fatma Foundation yang bergerak di bidang layanan penyakit kanker.

Gus Ipul sapaan akrabnya meresmikan yayasan yang dipandegani Fatma Saifullah Yusuf, istrinya, dengan membuka bus klinik.

BACA JUGA: Soekarwo, Gus Ipul, Khofifah Kompak, Jokowi - Maruf Pasti Menang di Jatim

Namun, dasar politikus yang humoris, ada saja kejadian lucu yang terjadi dalam pembukaan tersebut.

Pria yang juga salah seorang ketua PBNU tersebut sempat terpeleset jatuh dari kursi pap smear

BACA JUGA: Pakde Karwo Pamitan pada Seluruh Jajaran Pemprov Jatim

"Hahaha, salah lungguh aku. Njajal keliru. Sandaran kaki dibuat duduk, ya jadi jatuh," katanya yang langsung disambut tawa segenap tamu undangan yang ada.

Fatma Saifullah Yusuf lantas bergegas membantu berdiri suaminya tersebut. Peristiwa itu bermula saat politikus yang akrab dipanggil Gus Ipul itu bersama istri balik ke dalam bus bersama tamu undangan.

BACA JUGA: Tiga Tahun Pemprov Jatim dan Lantamal V Renovasi 903 Rumah

Gus Ipul yang mengenakan hem putih menjelaskan isi bus tersebut. Ada dua tempat pemeriksaan. Masing-masing terutup tirai.

Gus Ipul membuka satu tirai. Dia menunjukkan ranjang yang bisa digunakan untuk pemeriksaan pap smear.

Ranjang tersebut tidak permanen dan terdiri atas tiga bagian. Dari tiga bagian itu, hanya permukaan tengah yang permanen. Permukaan itu tidak bisa ditekuk maupun digeser.

Ada bagian tepi ranjang yang bisa diangkat sehingga menjadi sandaran punggung. Lalu, bagian tepi lainnya bisa ditekuk ke bawah sehingga menjadi sandaran betis.

Ranjang itu bisa menjadi tempat tidur atau tempat duduk pasien.

Gus Ipul didampingi Fatma Saifullah Yusuf menunjukkan ranjang tersebut. Dia menjelaskan fungsi ruangan yang tertutup tirai itu.

Sambil menjelaskan, Gus Ipul berusaha duduk pada permukaan tepi yang bisa ditekuk ke bawah.

Kala itu, permukaan tepi ranjang ditopang besi siku sehingga posisinya sejajar dengan bagian tengah.

Gus Ipul tidak memerhatikan hal tersebut. Dia mengira, siku yang digunakan tumpuan permukaan itu kuat. Dengan percaya diri, dia berusaha duduk di tepi permukaan ranjang tersebut.

Belum sempat duduk sempurna, tiba-tiba terdengar suara brakk. Siku tumpuan ranjang lepas. Permukaan yang semula sejajar otomatis turun.

Gus Ipul yang duduk sejenak di permukaan pun terjatuh. Untung, Fatma Saifullah Yusuf masih memegangi tengan kirinya. Tubuh Gus Ipul tidak sampai jatuh ke bawah. Insiden tersebut di luar dugaan.

Selanjutnya, Fatma Saifullah Yusuf mengajak masyarakat untuk menghindarinya. Dimulai dengan pola hidup sehat.

"Setidaknya, deteksi dini dilakukan minimal tiap tahun," ucapnya.

Secara terpisah, Nina Kirana Soekarwo kemarin juga melakukan kegiatan di hari kanker sedunia. Istri Gubernur Jatim Soekarwo itu datang ke RSUD dr Soetomo, mendatangi ruang rawat inap anak dan bernyanyi bersama anak-anak survivor kanker.

Setelah itu, dia memberikan bingkisan kepada mereka. Dalam acara tersebut, Nina menyampaikan ingin berkomitmen membantu dan mencegah masyarakat teridap kanker. (riq/ika/c25/ano/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gus Ipul Sesalkan Kisruh 2019 Ganti Presiden di Surabaya


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler