Gunakan Produk Dalam Negeri, Kementrian ESDM Sabet Penghargaan

Jumat, 07 Desember 2012 – 14:21 WIB
JAKARTA - Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meraih penghargaan Anugerah Cinta Karya Bangsa tingkat kementrian atas komitmennya dalam menggunakan produk-produk dalam negeri bidang ESDM.

Menteri ESDM, Jero Wacik, menyebutkan, kementerian yang dia pimpin menduduki posisi pertama di atas Kementrian Pertahanan RI, yang meraih penghargaan serupa karena penggunaan produk dalam negeri untuk persenjataan.

"Tadi saya menerima penghargaan Anugerah Cinta Karya Bangsa, pemenang pertama kementrian ESDM, tingkat kementrian," kata Jero Wacik dalam konferensi pers di kantornya, Jumat (7/12).

Prestasi ini menurut Wacik memiliki makna jauh lebih besar dalam upaya mencintai produksi dalam negeri. Karena Kementrian ESDM memiliki banyak proyek besar dalam bidang migas, batu bara, energi minerba, kelistrikan hingga energi baru terbarukan.

"Nah saya memastikan hampir seluruh proyek yang besar-besar itu harus menggunakan sebesar-besarnya produksi dalam negeri.
Itu suatu gerakan yang harus kita lakukan semua," kata Jero Wacik.

Dia juga mengatakan, penggunaan produksi dalam negeri sebagai proyek-proyek besar bidang ESDM akan membantu menghidupi poduksi perusahaan-perusahaan nasional sehingga berdampak pada terbukanya lapangan kerja baru.

"Makin banyak gunakan produk dalam negeri, makin banyak lapangan kerja. Ini bagian dari amanat UDD 45, semua ke sana arahnya," ulas Wacik.

Dia menambahkan, saat ini di jajaran ESDM, 65 persen material proyek-proyek sudah menggunakan produksi dalam negeri. Sebagai contoh ialah sebagian alat pengeboran minyak yang biasanya produk impor, kini  sudah diproduksi di dalam negeri.(Fat/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dorong Pemda Manfaatkan Putusan MK soal UU Minerba

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler