Guratan Rekor Menawan Usai Wales ke Babak 16-Besar Sebagai Juara Grup

Selasa, 21 Juni 2016 – 09:16 WIB
Gareth Bale selalu mencetak gol dalam tiga laga di fase grup. FOTO: AFP

jpnn.com - TOULOUSE - Luar biasa! Ungkapan yang pas untuk menggambarkan kiprah Wales di Euro 2016. Tampil sebagai debutan, The Dragons - julukan Wales, mampu lolos ke babak 16-besar sebagai juara grup. 

Kepastian itu didapat usai Wales mengalahkan Rusia dengan skor 3-0 lewat gol Aaron Ramsey, Neil Taylor, dan Gareth Bale. Pada saat bersamaan, Inggris ditahan Slovakia 0-0. 

BACA JUGA: Ini Sikap Vicente del Bosque Terkait Kemarahan Pedro

Lolosnya Wales mengguratkan sejumlah rekor menawan. Wales menjadi negara debutan kedua yang mampu memimpin klasemen di fase grup setelah Swedia pada 1992. 

Selain itu, Wales menjadi tim debutan pertama yang sukses melaju ke fase knock-out sejak 1996. Kala itu, Kroasia yang berstatus debutan di Euro 1996 mampu lolos dari fase grup. 

BACA JUGA: Coleman: Malam Ini, Wales Ibarat Sebuah Benua

Hebatnya lagi, Wales menyamai rekor mereka sendiri saat menjadi debutan di Piala Dunia 1958. Kala itu Wales juga lolos dari fase grup. 

Tak hanya tim yang menorehkan pelbagai rekor, pemain bintang mereka, Gareth Bale, juga mencatatkan sejumlah rekor apik. Bale menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam tiga laga di fase grup sejak Euro 2004. Kala itu, Milan Baros (Rep. Cheska) dan Ruud van Nistelrooy (Belanda) selalu mencetak gol dalam tiga laga beruntun di fase grup Euro 2004. 

BACA JUGA: Wales Juara Grup, Gareth Bale Langsung Ingat Rumah

Bale masuk ke dalam kelompok pemain sepanjang sejarah Euro yang selalu mencetak gol dalam tiga laga di fase grup putaran final Euro. 

Pemain lainnya adalah Michel Platini (Prancis - 1984), Hristo Stoichkov (Bulgaria - 1996), Savo Milosevic (Yugoslavia - 2000), Baros (Rep. Cheska - 2004), dan Van Nistelrooy (Belanda - 2004). (epr/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Meski Frustrasi, Hodgson Ancam Lawan di 16 Besar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler