Guru Besar UI Terpilih Pimpin ADI, Ini Upayanya untuk Para Dosen

Kamis, 15 September 2022 – 21:09 WIB
Ketua ADI periode 2018-2022 Dino Patti Djalal bersama Ketum ADI periode 2022-2026. Prof Ali Berawi. Foto dok. ADI

jpnn.com, JAKARTA - Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) menyelenggarakan Kongres V yang dirangkaikan dengan milad ke-24 tahun. 

Ketua ADI periode 2018-2022 Dino Patti Djalal mengungkapkan saat masa kepengurusanya, banyak sekali kegiatan dan kerja sama internasional.

BACA JUGA: Asosiasi Dosen Desak SBY Sikapi Kecurangan di Pilpres

“Sebagai organisasi dosen, ADI bukan hanya fokus pada peningkatan kualitas dosen, tetapi bagaimana ADI bisa menjalin kerja sama Internasional," ungkap eks wamen Kemenlu ini dalam laporannya pada Kongres V ADI di Jakarta, Rabu (14/9).

Pada kesempatan sama, Direktur Sumber Daya Kemendikbudristek, Muhammad Sofyan Effendi menyambut baik kegiatan ADI.

BACA JUGA: Sikapi Tuntutan Profesionalitas, Alumni PMII Deklarasikan Asosiasi Dosen Pergerakan

Dia berharap ADI bisa menjadi mitra Kemendikbudristek untuk peningkatan SDM dosen. Juga menjadi mitra strategis untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

Salah satu agenda utama dalam kongres ini adalah pemilihan ketum ADI menggantikan Dino Patti Djalal. 

BACA JUGA: Disertasi Hasto Patahkan Teori Pancasila Abstrak Versi Dino Patti

Hasil kongres menetapkan Prof Mohammed Ali Berawi, guru besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia sebagai ketum DPP-ADI periode 2022-2026.

Prof Ali Berawi juga menjabat ketua bidang transformasi teknologi dan inovasi di Tim Transisi IKN dan sekretaris anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI.

Dalam sambutannya Prof Ali menyatakan ADI sebagai organisasi dosen terbesar di Indonesia, akan terus meningkatkan perannya sebagai wadah para pendidik (dosen).

Terutama dalam peningkatan kualitas dosen serta berperan aktif mendukung program-program pemerintah dalam mencerdaskan bangsa dan membangun negara. 

“ADI akan menjadi wadah penggerak kemajuan pendidikan Indonesia menjadi minta strategis pemerintah dan mampu menjadi organisasi penggerak perubahan kemajuan bangsa” ungkap Ali

Amirsyah Tambunan selaku sekjen ADI priode 2017-2022 yang juga menjadi sekjen MUI menyampaikan selamat dan sukses atas terpilihnya Ketua Umum ADI priode 2022-2026 Prof Mohammed Ali Berawi.

Selain itu, ucapan selamat juga disampaikan Prof. Dr. Armai Arief ketua umum ADI priode 2012-2017.

Kongres V ADI dan milad ke-24 juga dirangkaikan dengan kegiatan internasional confrence, seminar nasional dan kegiatan GESS Indonesia (pameran inovasi pendidikan dari berbagai negara).

Kongres yang mengusung tema "ADI Penggerak Perubahan untuk Kepemimpinan Masa Depan Bangsa" ini juga dihadiri para pengurus ADI wilayah, seperti dari DKI Jakarta, Lampung, Jawa Timur, Jawa barat, Bengkulu, Jambi, Sulawesi tenggara, Kalimantan Utara, Sumatera Utara, NTB. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler