Guru Besar USU Ajak Masyarakat Peduli Tanah

Selasa, 22 Desember 2020 – 19:11 WIB
Kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Pertanian USU dan HITI Komda Sumut, menggelar pelatihan pembuatan vermikompos di Medan Johor. Foto: Ist for jpnn.com.

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Tengku Sabrina Djunita mengajak semua kalangan untuk peduli terhadap lingkungan, terutama tanah.

Sebab, menurut Ketua Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI) Komda Sumut ini, di dalam tanah ada kehidupan yang terhubung ke kehidupan manusia.  

BACA JUGA: Bamsoet Ajak Mahasiswa Pascasarjana USU Bantu Pecahkan Persoalan Bangsa

Itulah sebabnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sampai menetapkan Hari Tanah Se-dunia yang diperingati setiap 5 Desember.

Menurut Prof Sabrina, penetapan Hari Tanah merupakan sebuah gerakan yang diimbau oleh Food and Agriculture Organization (FAO).

BACA JUGA: Pengumuman SBMPTN 2020: Ini Program Studi Favorit di USU

Peringatan pada tahun ini mengangkat thema 'Keep Soil Alive, Protect Soil Biodiversity'.

"Kami (Fakultas Pertanian USU dan HITI Sumut) melakukan penghijauan di daerah sekitar daerah aliran sungai (DAS) Babura di Medan Johor dan pelatihan pembuatan vermikompos," ujar Prof Sabrina dalam keterangannya, Selasa (22/12).

BACA JUGA: USU Kembali Memperpanjang Lockdown Hingga 8 Agustus, Kondisinya Semakin Mengkhawatirkan

Prof Sabrina menjelaskan, langkah penghijauan diambil mengingat kondisi Kota Medan yang sudah gersang.

Selain itu, di DAS juga sudah sedikit tanaman penahan tanah dan peyimpan air.

"Jadi, kami melaksankan penanaman pohon di sekitar DAS Babura dengan kelompok tani sekitar. Tentunya dengan harapan pohon yang kami tanam dapat menjadi penguat tanah dan juga dapat melestarikan lingkungan sekitar Medan Johor," ucapnya.

Kegiatan lain, pelatihan pembuatan vermikompos yang bahan bakunya dari sampah-sampah rumah tangga.

Medan Johor merupakan kawasan komplek perumahan, sehingga sangat cocok sampah-sampah rumah tangga tidak hanya sekadar dibuang, namun diolah menjadi lebih ekonomis. Yaitu dengan kegiatan vermikompos.

Dengan alat dan bahan yang cukup mudah diperoleh seperti ember, sampah rumah tangga, kotoran sapi, ampas tahu dan cacing tanah yang dicampurkan dalam satu wadah, akan menghasilkan suatu produk kompos yang bisa digunakan oleh kelompok tani maupun dijual kembali.

Sebelumnya, bertepatan dengan 5 Desember 2020, Prodi Agroteknologi Jurusan Ilmu Tanah USU bersama dengan HITI Komda Sumut menggelar webinar sebagai peringatan perayaan hari tanah.

Tujuan dan sasaran dari webinar, mengajak masyarakat semakin peduli kepada lingkungan terutama tanah, karena pada dasarnya seluruh kehidupan berawal dari tanah.

"Pada peringatan kali ini kami memberi nama acara 'World Soil Day by Universitas Sumatera Utara'. Dilaksanakan dua hari. Webinar diikuti sekitar 978 orang dari berbagai Kota di Indonesia. Pemateri yang tampil antara lain Dr Yiyi Sulaeman, Kepala Balai Pertanian Lahan Rawa," katanya.

Yiyi menjelaskan pengelolaan lahan rawa yang tepat, agar tidak terjadi efek samping yang merusak lingkungan dalam pemanfaatan lahan rawa dan bagaimana pentingnya biota tanah dalam pengelolaan lahan rawa.

Pemateri kedua Ketua Umum HITI Prof Budi Mulyanto, menjelaskan keterkaitan spiritual tanah dengan manusia dan peran tanah dalam Sustainable Development GoalS (SDGs) untuk keberlanjutan kehidupan.

Pembicara ketiga Senior Lecture Universiti Putra Malaysia Susilawati Kasim. Ia memaparkan tentang penelitian terbaru mengenai biostimulant sebagai pendekatan strategis di bidang pertanian.

Pembicara keempat Professor Sydney University Prof Budiman Minasny, yang sempat menimba ilmu di Fakultas Pertanian USU.

Ia membagikan pengalaman mahasiswa di Indonesia dan di luar negeri. Selain itu juga banyak membahas hal-hal terbaru yang sedang hangat di Indonesia, seperti pembukaan food estate, perkebunan kelapa sawit dan petani kecil yang berkesinambungan.(gir/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler