Gus-Gus Nusantara Gelar Kegiatan Mengaji dan Tausiah Ramadan di Pondok Pesantren Bani Hasan

Senin, 10 April 2023 – 18:39 WIB
GGN Dukung Ganjar gelar tausiah tentang hikmah puasa Ramadan di Pondok Pesantren Bani Hasan. Foto: dok GGN Jatim

jpnn.com, PONOROGO - Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur memperkuat kembali ukhuwah islamiyah antarumat dengan melangsungkan agenda lanjutan Ramadan Ngaji Fiqih Rukun Puasa.

Selain itu, para pendukung Ganjar itu juga memberikan tausiah tentang hikmah puasa Ramadan di Pondok Pesantren (Ponpes) Bani Hasan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (9/4).

BACA JUGA: Tinjau Pasar di Boyolali, Ganjar Satu Mobil dengan Jokowi

Sekitar seratus peserta yang terdiri dari santri dan majelis taklim yang tampak mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias.

Koordinator Wilayah (Korwil) GGN Jawa Timur Alwy Hasan mengatakan kegiatan tersebut diisi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Bani Hasan Kiai H. Nasori.

BACA JUGA: Jokowi Berhari-hari di Jateng Bareng Gubernur Ganjar, Ngapain Aja?

Kegiatan mengaji dan tausiah Ramadan tersebut digelar dalam rangka memuliakan bulan suci Ramadan yang penuh keberkahan.

"Kami di sini mengadakan pengajian juga bantuan material kepada Pondok Pesantren Bani Hasan berupa semen, bata, pasir dan besi untuk keperluan pembangunan pesantren tersebut," sambungnya.

BACA JUGA: GGN Dukung Ganjar Gelar Tumpengan Massal Untuk Menyambut Ramadan

Alwy berharap dengan adanya acara tersebut tali silaturahmi antarkomunitas dengan para santri akan makin erat lagi.

Selain itu, dirinya juga berharap anggota Santri maupun Majelis Taklim yang hadir dapat mengambil hikmah dari acara tersebut.

"'Betapa besarnya hikmah puasa yang pahalanya luar biasa besar sehingga ini harus kami sebarluaskan kepada masyarakat. Karena dengan puasa, hati kita menjadi jernih, keinginan mudah terkabulkan oleh Allah SWT. Itu merupakan salah satu diantara hikmah puasa," ungkapnya.

Menjalankan ibadah bulan suci Ramadan merupakan suatu kewajiban setiap umat muslim. Hal tersebut disampaikan oleh Alwy Hasan yang menjelaskan tentang pahala dan manfaat dalam berpuasa Ramadan.

"Bulan suci Ramadan merupakan salah satu kewajiban umat muslim untuk berpuasa, yang mana ganjarannya dilipatgandakan oleh Allah lebih dari 70 derajat," tambahnya.

Alwy berharap dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut bisa  meningkatkan kesadaran dan ketaatan umat muslim dalam menjalankan ibadah wajib puasa.

Sekaligus kegiatan tersebut menjadi momen dalam memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo di lingkungan setempat.

"Mudah-mudahan impian dari Gus-Gus Nusantara dengan mengangkat Bapak Ganjar Pranowo sebagai Presiden ke-8 RI didukung oleh masyarakat luas di nusantara, terutama Jawa Timur. Semoga kegiatan GGN ke depannya semakin banyak yang menerima oleh setiap pondok pesantren yang kami kunjungi," imbuhnya.

Kegiatan itu diakhiri dengan momen buka bersama seluruh umat yang hadir.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan material, seperti bata, besi, semen dan pasir guna mendukung pembangunan di Pondok Pesantren Bani Hasan. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler