Gus Imin Terima Kunjungan Aktivis Pro Life, Bahas Bahaya Aborsi

Rabu, 14 Agustus 2024 – 20:05 WIB
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar menerima rombongan dari University of Oxford Medical School. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin menerima kunjungan dokter dari University of Oxford Medical School sekaligus aktivis Pro Life, Calum Miller.

Gus Imin menyambut baik kunjungan dr. Calum beserta rombongan dan menyatakan siap berkolaborasi dalam kampanye bahaya aborsi atau Pro Life di Indonesia.

BACA JUGA: Gus Imin Minta 4.444 Yatim Piatu Mendoakan PKB Istikamah

"Topik Pro Life ini sangat penting buat PKB. Pro Life menjadi penting buat kami, untuk bekerja lebih sungguh-sungguh menyangkut kesejahteraan ibu dan anak. Tentu PKB sangat siap untuk terus melakukan kerja seperti ini," kata Gus Imin di kantor DPP PKB, Rabu (14/8).

Gus Imin menerima kedatangan Calum didampingi Ketua DPP PKB Bidang Kesehatan Nihayatul Wafiroh, Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah, Wasekjen DPP PKB Anggia Ermarini, serta anggota Komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina.

BACA JUGA: PKB Undang 65 Pimpinan Parpol Luar Negeri Menghadiri Muktamar di Bali

Calum hadir bersama Voice of the Voiceless USA Matthew Merill, drg. Hedwin Kadrianto, Sp.PM, Yehezkiel Tambunan, SH, serta dr. Dorothy Gabriella.

"Kami tadi diskusi bagaimana cara pencegahan aborsi, alasan logis dan bagaimana bisa mendukung di parlemen, juga undang-undang," kata Ninik, sapaan akrab Nihayatul Wafiroh.

BACA JUGA: Tolak Campur Tangan PBNU, Ketua PKB: Hubungan Kami dengan NU

Sementara itu, Calum Miller menilai praktik aborsi sebagai salah satu isu yang seringkali dibahas bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia internasional. Isu ini mengundang banyak perdebatan dan perbedaan pandangan.

Dia pun mengajak PKB untuk berkolaborasi mengampanyekan bahaya aborsi sekaligus cara mengantisipasinya.

Menurut dia, ada banyak solusi yang bisa diambil seorang perempuan dalam kehamilan yang tidak diinginkan (KTD) selain aborsi.

"Bahwa situasi wanita dalam kehamilan yang tidak diinginkan (KTD) itu memiliki opsi lain. Jadi aborsi bukanlah satu-satunya opsi, tetapi ada opsi lain seperti rumah aman, kemudian adopsi yang sangat kami tekankan. Sosialisasi mengenai bahaya aborsi ini perlu terus kita kedepankan," kata Calum.

Dia menambahkan, di Indonesia sudab banyak berdiri rumah-rumah aman yang dikelola berbagai yayasan khusus untuk perempuan dalam kehamilan yang tidak diinginkan.

"Di mana orang-orang dengan KTD bisa pergi ke tempat ini kemudian anaknya bisa diadopsikan, atau dibawa pulang. Kami berharap secara nasional teman-teman, baik dari PKB maupun dari pemerintah bisa memperbanyak shelter-shelter seperti ini di Indonesia, supaya lebih banyak lagi kehamilan yang bisa diselamatkan," tutur Calum.

"Angka satu juta sampai dua juta aborsi per tahun, kami berharap ini justru bukan menjadi aborsi ya, tetapi menjadi bonus demografi dan menjadi masa depan bangsa," katanya.

Calum juga mendorong Fraksi PKB di DPR RI untuk memperketat celah aborsi sebagaimana diatur dalam UU Kesehatan serta UU Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA).

"Kami juga sudah diskusi mengenai Undang-undang Kesehatan, Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak bagaimana kita bisa memperketat ruang-ruang aborsi ini. Memang ada kasus-kasus yang sangat ekstrem di mana aborsi dilegalkan, tetapi bagaimana caranya Undang-undang ini tidak disalahgunakan," ujarnya. (*/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
bahaya aborsi   Gus Imin   Pro Life   PKB   aborsi  

Terpopuler