Gus Muhaimin Ingin Masyarakat Mengambil Manfaat dari Kemajuan Teknologi

Senin, 20 Desember 2021 – 17:16 WIB
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) di acara Lokakarya Peran Pengasuh Pesantren Putri Dalam Implementasi SDG’s Berkelanjutan diadakan FASATRI di Hotel AONE, Jakarta, Senin (20/12). Foto: dok Tim PKB

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengingatkan masyarakat akan bahaya revolusi teknologi society 5.0.

Dia khawatir masyarakat hanya mengambil sampah teknologi, sedangkan manfaat dan hal produktif lainnya terlewatkan begitu saja.

BACA JUGA: Omicron Masuk Indonesia, Gus Muhaimin: Harus Lebih Sigap Mengatasinya

Hal itu disampaikan Gus Muhaimin saat membuka “Lokakarya Peran Pengasuh Pesantren Putri Dalam Implementasi SDG’s Berkelanjutan” yang diadakan Forum Pengasuh Pesantren Putri (FASATRI) di Hotel AONE, Senin (20/12).

"Contoh sederhana sampah teknologi, lebih banyak isi akun Instagram-nya berisi akting daripada subtansi, lebih banyak foto-foto tidak produktif daripada pendidikan. Termasuk Instagram saya, masih menampilkan foto-foto tidak produktif,” kata Gus Muhaimin.

BACA JUGA: Ucapan Habib Bahar Dinilai Melecehkan Presiden Jokowi, Jenderal Dudung, dan Polri

Dia menilai kemunculan society 5.0 sebagai antisipasi atas isu disrupsi akibat revolusi 4.0 yang melahirkan ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas.

"Sekarang memang semua serbainternet. Satu handphone dapat menyelesaikan banyak persoalan dalam 24 jam. Wajar, kalau kita tidak bisa lepas dari handphone," tuturnya.

BACA JUGA: 49 Orang Tewas Akibat Dihantam Topan Rai, Ratusan Ribu Warga Mengungsi

Ketua umum PKB itu menilai kemajuan teknologi di satu sisi memberikan banyak manfaat. Contoh, mengurangi penggunaan kertas. Hal itu menurutnya bagus karena berkontribusi menekan deforestasi.

Melalui digitalisasi, dokumen-dokumen yang dahulu harus dicetak, sekarang cukup dibuat versi digital. Seperti, rapor siswa.

"Di Yogyakarta sudah berlaku, rapor siswa tidak lagi dicetak, semua sudah lewat handphone. Orang tua dapat langsung mengontrol anaknya lewat handphone," ucapnya.

Menurut dia, masyarakat yang tidak menyesuaikan diri dengan era society 5.0 bakal tertinggal.

Dampak revolusi society 5.0 menurutnya sudah sangat terlihat. Anak-anak muda sekarang tidak lagi bertetangga, mereka tidak lagi bertemu melalui fisik, tetapi bersua melalui alat komunikasi, salah satunya handphone.

Menghubungi anak-anak pun menurutnya sudah susah melalui telepon ataupun WhatsApp. Namun, mereka lebih cepat dihubungi melalui pesan langsung di Instagram, karena mereka bertetangga di media sosial.

BACA JUGA: Cak Imin Ungkap Kesamaan Gus Yahya dan Gus Dur

"Sosial media bukan menjadi nilai tambah, malah menjadi nilai tak berarti. Semua harus lebih efisien, cepat, murah," ucap Gus Muhaimin.

Sementara itu, Ketua FASATRI Hj Hindun Anisah menyoroti kehadiran pesantren putri yang lebih digdaya dan melek teknologi.

Dia menyebut dengan memahami teknologi, ruang perjuangan santri semakin baik, terutama para santriwati.

“Digitalisasi sejalan dengan pesantren," kata pimpinan Pondek Pesantren Hasyim Asy’ari, Bangsari, Jepara itu. (adk/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler