Gus Muwafiq Usulkan pada Pak Ganjar Beri Hadiah Umrah untuk Orang yang Menolak Vaksin Covid-19

Rabu, 24 Februari 2021 – 22:55 WIB
Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW secara virtual oleh Pemprov Jateng. Foto: Instagram Ganjar Pranowo

jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW secara virtual di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Rabu (24/2).

Meski dilakukan secara daring, acara tersebut tetap berjalan khidmad sekaligus meriah karena diisi dengan ceramah dari KH Ahmad Muwafiq atau yang akrab disapa Gus Muwafiq.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Kerumunan Kunker Jokowi Bikin Kubu Rizieq Panas, Siapa yang Berkuasa? Mabes Polri Jawab Begini

Ceramah Gus Muwafiiq membuat suasana menjadi meriah. Saat mengisi ceramah, Gus Muwafiq berkali-kali melontarkan guyonan-guyonan mendidik dan lucu.

Di antaranya saat Gus Muwafiq merespons sambutan Ganjar soal penolak vaksin covid-19. Ganjar dalam sambutannya mengatakan ada survei yang menyebutkan banyak anak muda usia 20-25 tahun di Indonesia yang menolak vaksin. Dari survei itu juga, diketahui penolak vaksin didominasi oleh umat Islam.

BACA JUGA: 5,5 Juta Guru dan Dosen Terima Vaksin Covid-19, Ini Permintaan KPAI kepada Mendikbud

"Saya sempat dipanggil Presiden dengan sejumlah gubernur lain membahas soal ini. Tapi saya tidak percaya dengan survei itu, karena di Jawa Tengah hampir semua orang justru antre minta divaksin. Mungkin yang disurvei bukan orang Jawa Tengah. Meski begitu, hasil survei ini tetap harus menjadi perhatian," kata Ganjar.

Gus Muwafiq dalam ceramahnya mengatakan, pandemi tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

BACA JUGA: Orang Dekat Presiden Terima Suntikan Vaksin Ilegal, Skandal!

Program vaksinasi, lanjut dia, juga tidak hanya dilakukan di Indonesia, melainkan semua negara berlomba melakukannya.

"Maka yang menolak vaksin itu pasti orang-orang yang berpikir secara regional, tidak global. Saya usul saja Pak Gub, siapa pun yang menolak vaksin diberi hadiah. Hadiahnya jangan tanggung, yang besar sekalian yakni haji dan umrah," kata Gus Muwafiq.

Para penolak vaksin itu, lanjut Gus Muwafiq, diminta memberikan argumen kuat terkait penolakan vaksinnya. 

"Nah yang menang, dikasih hadiah haji dan umrah. Nanti mereka akan tahu bahwa vaksin itu penting, lha syarat haji dan umrah itu harus sudah divaksin kok. Kalau ke Arab Saudi tidak bawa surat vaksin, ya disuruh pulang," jelasnya disambut tawa para hadirin.

Gus Muwafiq meminta seluruh masyarakat mendukung program vaksinasi. Sebab menurutnya, vaksinasi adalah salah satu ikhtiar untuk lepas dari cobaan ini.

"Semua pihak juga sudah divaksin, baik presiden, ulama, para tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya. Adanya pandemi itu merupakan bagian perubahan peradaban dunia yang harus kita ikuti. Titik-titik perubahan peradaban ini sudah ditandai Allah dalam peristiwa Isra Mikraj, di mana Nabi Muhammad melakukan perjalanan melewati titik-titik peradaban itu," tuturnya.

Ganjar terkejut dengan ide dari Gus Muwafiq tersebut. Menurutnya, ide memberikan hadiah haji dan umrah bagi penolak vaksin itu lucu, tetapi cukup logis untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi.

"Gus Muwafiq sangat cerdas, kalau memberi contoh itu menarik dan mengena. Usulan memberikan hadiah haji dan umrah bagi penolak vaksin itu lucu tetapi ada logisnya. Kalau kamu mau haji dan umrah, kan syaratnya harus divaksin, ada vaksin meningitis dan sebagainya. Inilah yang disampaikan Gus Muwafiq, bahwa cara berpikirnya tidak bisa regional, karena ini kondisinya global dan semua orang butuh. Jadi, kita tidak boleh egois," katanya.

Cara penyampaian Gus Muwafiq itu, menurut Ganjar, patut terus dilakukan sebagai cara sosialisasi dan edukasi tentang vaksinasi. Menurutnya, di sinilah pentingnya peran ulama, tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam suksesnya program tersebut.

"Hasil survei itu sudah jelas, siapa yang menolak vaksinasi, usianya berapa, agamanya apa, dari kelompok mana dan lainnya. Maka kalau ingin menyiapkan diri agar vaksinasi berjalan baik, peran kiai, ulama dan tokoh agama menjadi sangat penting," tegasnya.

Ganjar optimistis proses vaksinasi di Jateng akan berjalan sukses. Sebab sampai saat ini, banyak orang yang antre mendapatkan vaksin ini.

"Dan dukungan tokoh agama, tokoh masyarakat di Jateng sudah solid. Gus Muwafiq menyatakan siap membantu sosialisasi, Ketua MUI Jateng bahkan sudah mengusulkan agar ulama dan kiai menjadi prioritas untuk divaksin saat awal-awal dulu. Jadi, saya optimistis saja," pungkasnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler