Gus Yaqut jadi Menag, Gemaku: Right Man on The Right Place

Rabu, 23 Desember 2020 – 14:57 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Dok. GP Ansor

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah tokoh Konghucu Indonesia memberikan apresasi atas terpilihnya Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut sebagai Menteri Agama.

Menurut Ketua Umum Generasi Muda Konghucu Indonesia (GEMAKU) Kristan, right man on the right place adalah kata yang pantas atas dipilihnya Gus Yaqut.

BACA JUGA: Gus Yaqut Berpidato Pertama Kali sebagai Menag, Tegas & Lugas

“Tempatkanlah orang-orang sesuai dengan kecakapannya, maafkanlah kesalahan-kesalahan kecil, dan angkatlah orang-orang bijaksana. Begitulah kalimat yang terucap oleh Nabi Kongzi saat ditanya perihal bagaimana mengisi pemerintahan,” kata Kristan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/12).

Kristan mengatakan, Gus Yaqut adalah sosok yang dikenal plural, tegas, berani, dan diterima semua kalangan lintas agama.

BACA JUGA: Simak Kalimat Fachrul Razi di Hadapan Gus Yaqut

“Beliau sosok yang tepat untuk diberikan tugas menjaga keharmonisan moderasi beragama di Indonesia yang sudah menjadi tagline Kementerian Agama,” ujar dia.

Bagi generasi GEMAKU, lanjut Kristan, kehadiran Gus Yaqut menjadi pejabat Menteri Agama adalah sebuah oase kegembiraan dan harapan baru, di mana dia diharapkan dapat membawa angin segar bagi ketidakadilan untuk umat Konghucu.

BACA JUGA: Gemaku Ajak Debat Terbuka Dirjen Bimas Buddha soal Kelenteng Tuban

Mulai belum adanya Dirjen Konghucu di Kemenag, ditambah kisruh soal Kelenteng Tuban yang diklaim secara sepihak oleh Dirjen Buddha sebagai tempat ibadah umat Buddha. Kelenteng Tuban menjadi saksi bisu akan adanya sesuatu hal yang keliru dan arogan.

"Semoga Gus Yaqut dapat amanah menjalankan tugas, bekerja esktra menjaga kepercayaan rakyat dengan kerja nyata dalam mengawal keberagaman negeri, mengayomi seluruh elemen bangsa dan keyakinan anak bangsa tanpa terkecuali,” tuturnya.

“Tetaplah Gus Yaqut selalu bersahaja, egaliter, tidak sombong dan mengayomi bagi kami semua. Jadilah Bintang Utara yang selalu terang benderang menjadi pemimpin bintang-bintang lain yang mengelilinginya,” imbuhnya.

Alim Sugiantoro, tokoh Konghucu dari Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban, Jawa Timur, berharap di bawah pimpinan Gus Yaqut, toleransi dan kedamaian antar umat beragama bisa tercipta.

"Kami menilai Gus Yaqut sosok yang paling tepat duduk sebagai Menteri Agama. Beliau dekat dengan banyak kalangan, hingga mampu merangkul banyak pihak yang terdiri dari berbagai perbedaan,” ungkap Alim.

Ia juga mendukung dan mendorong dibentuknya Dirjen Konghucu di Kementerian Agama. “Hal itu agar kesemibangan dan pemerataan kebijakan,” pungkas Alim Sugiantoro. (jlo/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler