H-8 Perbaikan Tol Tangerang - Merak Ditargetkan Rampung

Jumat, 10 Mei 2019 – 19:40 WIB
Ilustrasi jalan tol. Foto: JPNN

jpnn.com, TANGERANG - Sejumlah ruas tol Tangerang - Merak masih dalam tahap perbaikan. Sehingga, arus lalu lintas saat ini masih sedikit terganggu.

Kakorlantas Polr Irjen Refdi Andri mengatakan, perbaikan itu ditargetkan selesai delapan hari sebelum lebaran atau H-8.

BACA JUGA: Pemerintah Anggarkan Rp 21 Miliar untuk Perbaiki Jalan Jambi-Tembesi

“Jadi pas 28 Mei ata H-8 Lebaran (target selesai perbaikan jalan) agar ruas tol bisa digunakan," ujar Irjen Refdi di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (10/5).

Refdi menuturkan, perbaikan Tol Tangerang - Merak ada di beberapa titik di kawasan Balaraja - Cikande yakni antara kilometer 39 hingga kilometer 53.

BACA JUGA: Pemprov Sumsel Siapkan Rp 960 Miliar untuk Perbaikan Jalan

Jalur Tol Tangerang - Merak berjarak 67 kilometer dari Cikupa hingga Merak.

Jenderal bintang dua ini menambahkan, Polri nantinya akan menyiapkan beberapa pola pengaturan di Gerbang Tol Merak bila terjadi antrean panjang kendaraan selama Operasi Ketupat 2019.

BACA JUGA: Mulai Besok Jalan ini Siap Dibuka Kembali

"Apabila ada antrean kendaraan hingga kilometer 95, akan dilakukan rekayasa (lalu lintas). Saya kira jalur-jalur alternatif cukup memadai untuk pergerakan kendaraan yang dialihkan menuju Pelabuhan Merak," katanya.

Apabila terjadi kepadatan di dalam tol sampai dengan kilometer 95, kendaraan menuju Merak akan dikeluarkan di Gerbang Tol Cilegon Barat.

Namun bila kepadatan di dalam tol sampai kilometer 93, kendaraan menuju Merak akan dikeluarkan di GT Cilegon Timur.

Selain itu juga akan dilakukan rekayasa lalu lintas berupa arus satu arah mulai kilometer 93 serta optimalisasi pembayaran nontunai.

Untuk di Pelabuhan Merak yang memiliki 7 dermaga, bila terjadi kepadatan di Dermaga 7, maka kendaraan roda dua dibagi keberangkatannya melalui Dermaga 1, 2, 3, 4 dan 5 secara merata.

Nantinya, kalau terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak, maka polisi akan menerapkan sistem buka tutup.

Kendaraan yang mengantre akan diarahkan menuju dermaga yang masih memiliki tempat untuk menampung kendaraan para pemudik.

Selanjutnya, Jalan Cikuasa akan dijadikan daerah parkir jika terjadi penumpukan jumlah kendaraan para pemudik di dalam Pelabuhan Merak.

Diketahui Cikuasa memiliki daya tampung antrean mencapai 1.600 unit hingga 2.000 unit kendaraan roda empat atau lebih. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Banyak Makan Korban, Jalur Daendles Bakal Diperbaiki


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler