Hacker Bobol Situs Kementerian Pertahanan Israel

Rabu, 29 Januari 2014 – 13:01 WIB

jpnn.com - JERUSALEM - Dedemit dunia maya berhasil menerebos komputer Kementerian Pertahanan Israel dengan mendompleng lampiran email yang disusupi program berbahaya. Modusnya, hacker menyamarkan email yang dikirimkan seolah-olah  dari Dinas Rahasia Israel, Shin Bet.

Aviv Raff, pimpinan perusahaan pengamanan teknologi yang berbasis di Israel, Seculert, mengungkapkan bahwa peretas selain memasuki situs sensitif juga berhasil membobol dan mengendalikan 15 jaringan komputer. Salah satunya adalah milik kantor administrasi sipil Israel yang memantau warga Palestina di wilayah pendudukan.

BACA JUGA: WhatsApp Mati Hari Ini Hanya Hoax

"Kami mencurigai aktivis Palestina berada di balik serangan cyber ini karena serupa dengan serangan maya pada komputer Israel yang terjadi lebih dari setahun lalu dari server di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas," ujarnya seperti diktuip REUTERS baru-baru ini.

Meski serangan itu dilakukan melalui server di Amerika Serikat (AS), namun Raff meyakini pelakunya sama dengan serangan sebelumnya. "Kami menyimpulkan dari kesamaan dengan serangan sebelumnya," katanya.

BACA JUGA: Pengguna Ponsel di AS Mulai Tinggalkan Apple

Namun, Seculert belum berhasil mendeteksi apa saja yang dilakukan hacker setelah berhasil membobol akses komputer administrasi sipil yang merupakan bagian dari kementerian pertahanan Israel untuk mengawasi alur lalu lintas barang antara Israel, Tepi Barat dan Jalur Gaza. Sedangkan para pejabat Israel sendiri menolak mengomentari temuan perusahaan keamanan tersebut. "Kami tidak akan menanggapi laporan tersebut," kata salah satu pejabat, juru bicara administrasi sipil, Guy Inbar.(esy/jpnn)

BACA JUGA: Tembus Kulit Pasien dengan Kacamata 3D Canggih

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bulan Depan, BBM Android Bisa Telepon Gratis Via Wi-Fi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler