Hadang Rudal Korut, AS Sebar Kapal Perang ke Jepang

Minggu, 06 April 2014 – 14:06 WIB

jpnn.com - TOKYO--Menyikapi kenekatan Korut yang meluncurkan rudal balistiknya, Amerika Serikat bakal mengirimkan dua kapal perang pertahanan rudal ke Jepang.

Tindakan ini untuk melawan langkah provokatif Korea Utara yang dinilai mampu mengancam kawasan itu.

BACA JUGA: Balas Dendam Pakai Tikus

"Menanggapi pola Pyong yang provokatif dan tidak stabil, termasuk peluncuran rudal baru-baru ini hari ini Amerika Serikat berencana untuk menyebarkan kapal pertahanan dengan rudal AEGIS ke Jepang pada 2017," ujar Kepala Pentagon Chuck Hagel, seperti dilansir asiaone, Minggu (6/4).

Kapal-kapal itu akan bergabung dengan lima kapal pertahanan rudal yang sudah ditempatkan di Jepang. Langkah ini menurut Washington didorong tindakan agresif dan provokatif Korea Utara dan komitmen untuk membela Jepang.

BACA JUGA: Kontingen Garuda Bantu Pemeliharaan Bandara Dungu di Kongo

"Korea Utara bulan lalu menembakkan dua rudal balistik jarak menengah yang mampu menghantam Jepang," sambungnya.

Tokyo sendiri dilaporkan telah memerintahkan pasukannya untuk menghancurkan rudal balistik Korea Utara yang melewati wilayah udaranya, dan telah menyebarkan kapal Aegis ke Laut Jepang .

BACA JUGA: Tak Diminta ATM Ini Muntahkan Rp 418 Juta

Pemimpin Korea Utara Kim Jong - Un sendiri memperingatkan bahwa situasi di semenanjung itu sangat serius dan bersumpah untuk melawan kebijakan AS.

Sebelumnya, Februari silam misil Korut diluncurkan tanpa memberi peringatan apapun mengenai tes misil itu.

Malah, misil tersebut melintas 6 mil atau sekitar 10 kilometer di atas pesawat penumpang China Southern Airlines yang membawa 220 penumpang. Pesawat ini terbang bandara Jepang Narita menuju Shenyang di bagian timur laut China. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Susu untuk Keju Dipakai Mandi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler