Hadapi 5 Pilgub, Prabowo Belajar dari Kemenangan Anies-Sandi

Senin, 25 Desember 2017 – 07:31 WIB
Prabowo Subianto (kedua kiri), Anies Baswedan (kiri), Sudirman Said (kedua kanan), dan Ferry Juliantono (kanan). FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Partai Gerindra, PKS, dan PAN, bersepakat menjalin koalisi dalam menghadapi pemilihan gubernur (pilgub) di lima provinsi.

Kesepakatan itu diputuskan dalam pertemuan tiga partai di kantor DPP PKS, Jalan T.B. Simatupang, kemarin (24/12).

BACA JUGA: Usung Pembalap Ganteng di Jatim, Gerindra Anti-Mainstream

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno. Pertemuan dimulai sekitar pukul 20.30 dan berakhir pada pukul 22.00.

Sohibul mengatakan, partainya bersama Gerindra dan PAN membahas banyak persoalan. Baik masalah nasional maupun pilkada.

BACA JUGA: Deadline Gerindra Lewat, Dipingpong PAN, Oh Pak La Nyalla..

”Kami bertiga sepakat akan terus menjaga kebersamaan dalam event politik,” terang dia. Khususnya untuk pilgub.

Menurut dia, ketiga partai akan bersama-sama di lima provinsi. Yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara.

BACA JUGA: Pak Prabowo Ingin Calon yang Disukai Rakyat

Terkait dengan nama calon yang akan diusung, anggota DPR itu menyatakan, tiap-tiap partai akan melakukan rapat internal. Setelah selesai dibahas secara internal, nama calon akan disampaikan.

Menurut dia, pengumuman nama bakal disampaikan pada awal tahun. Sohibul mengatakan, tiga partai itu memutuskan untuk bersama karena yakin dengan kekuatan politik yang dimiliki.

Dia yakin bahwa PKS, Partai Gerindra, dan PAN bisa bersinergi untuk meraih kemenangan. Selain itu, pihaknya belajar dari kemenangan di pilkada DKI Jakarta.

Calon yang mereka usung berhasil memenangi pesta demokrasi tersebut. ”Karena itu, kami ingin bersama-sama,” tegas dia.

Terkait dengan pilgub Jatim, pihaknya sepakat untuk menunda pembahasan. Menurut dia, saat ini ada dua calon yang muncul, yaitu Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa.

Apakah pihaknya memilih salah satu di antara keduanya atau membentuk poros baru, hal itu belum diputuskan. Calon untuk Jatim masih terus dibahas.

Prabowo menambahkan, partainya terus menyaring nama-nama yang akan diusung di pilgub Jatim.

”Peran partai adalah menyaring, setelah itu diserahkan kepada rakyat untuk dipilih. Itu yang kami kerjakan sekarang,” tutur dia seusai pertemuan.

Mantan Danjen Kopassus itu menerangkan, terkait dengan munculnya nama Moreno Soeprapto sebagai cagub Jatim, pihaknya masih akan mempelajarinya.

Dia baru sekali bertemu dengan anggota DPR tersebut. Menurut Prabowo, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Dia juga harus bertanya kepada partai lain. ”Jatim kami pending dulu,” ungkapnya.

Penundaan itu terjadi bukan karena ada dua calon kuat yang sudah diusung beberapa partai, melainkan karena penyaringan belum selesai.

Dia mengatakan, biarlah nanti rakyat yang memilih. Pilkada DKI bisa menjadi pelajaran. Awalnya, banyak yang meremehkan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang diusung Gerindra bersama PKS.

Banyak yang menertawakan pasangan tersebut. Ternyata, masyarakat memilih keduanya sebagai gubernur dan wakil gubernur Jakarta.

Eddy Soeparno mengatakan, PAN masih akan membahas munculnya nama Suyoto, bupati Bojonegoro yang dipasangkan dengan Moreno. Partai juga akan berbicara dengan Kang Yoto –sapaan Suyoto.

”Kami kan belum konfirmasi ke Pak Suyoto,” urai dia. Menurut dia, disandingkannya Suyoto dengan Moreno relatif baru.

Sebelumnya, nama Moreno tidak pernah muncul. DPP juga akan bertanya kepada DPW PAN Jatim soal calon yang akan diusulkan. Tentu pihaknya akan mendengar suara dari daerah.

Apakah Suyoto yang akan diajukan atau kader lain. Dia berharap, pada awal tahun sudah ada nama yang disepakati untuk dicalonkan sebagai gubernur dan wakil gubernur Jatim. (lum/c11/oni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gerindra Minta Anies-Sandi Wujudkan Janji Kampanye demi 2019


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler